APLIKASI R-SHINY UNTUK SENTIMENT ANALYSIS TERHADAP ULASAN RESTORAN DI SINGAPURA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Mashuri Mashuri, Noviyanti Santoso, Anggie Calista, Fahrila Annasiyah, Fifi Dwi Haryanti, Kharin Octavian Ranto, Yofani Kurnia Putri

Abstract


Perkembanganateknologi yangpesat memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya saat ini.
Kehadirannya memberikan kemudahan akses pada banyak bidang. Seperti kemudahan dalam melakukan pemilihan
restoran yang dapat dilakukan dalam genggaman dan dapat diakses dimana saja secara cepat dan praktis. Pemilihan
sebuah restoran menjadi hal yang sangat mudah dilakukan, karena tersedia banyak rekomendasi pilihan dan ulasan
dari pengunjung sebelumnya terhadap restoran tersebut, yang dapat digunakan oleh orang lain dalam menentukan
restoran yang akan dikunjungi. Setiap individu pasti memiliki pandangan atau pendapat yang berbeda mengenai
restoran-restoran tersebut. Pendapat dan opini dari pengguna dapat dijadikan masukan bagi restoran untuk
meningkatkan kualitasnya. Sentiment analysis digunakan untuk memperoleh pendapat atau opini dari para pengguna
suatu platform internet dari penyedia restoran tersebut. Maka dari itu akan dibuat sebuah aplikasi sentiment analysis
berbasis website dengan menggunakan R-Shiny melalui program RStudio. Project ini dapat mempermudah
penggunanya untuk melihat ulasan beberapa restoran secara keseluruhan, sehingga dapat menjadi dasar
pertimbangan dalam pemilihan restoran. Website ini akan menunjukkan sentiment analysis terkait teks, yang berada
pada kalimat maupun opini yang ditulis. Sehingga bisa melihat apakah puas atau tidak puas dengan menggunakan
aplikasi ini secara instan dan mudah.


Keywords


Sentiment Analysis, Restoran, Ulasan,R-Shiny.

Full Text:

PDF

References


Imron, A. (2019). Sentiment analysis Terhadap Tempat

Wisata di Kabupaten Rembang Menggunakan

Metode Naive Bayes Classifier.

Muthia, D. A. (2017). Sentiment analysis Pada Ulasan

Restoran Dengan Teks Bahasa Indonesia

Mengunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnalilmu

Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(2), 39–45.

https://doi.org/10.1515/HUMOR.2006.009.

Prasetyo, Andjar dan Mohammad Zaenal Arifin. 2017.

Analisis Pengelolaan Limbah Makanan Restoran.

Jakarta: Indocamp.

Sipayung, E. M., Maharani, H., & Zefanya, I. (2016).

Perancangan Sistem Sentiment analysis Komentar

Pelanggan Menggunakan Metode Naive Bayes

Classifier. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 958–965.

Solecha, K. (2019). Analisa Sentimen Dengan Algoritma

Naïve Bayes Classifier Berbasis Particle Swarm

Optimization Untuk Ulasan Restoran. 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213560.v2i2.11627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Nasional Amori licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/amori