Karakterisasi Parameter Fisik Batuan Vulkanik Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur

Yulia Nur Fajrina

Abstract


Sebuah kawasan yang memiliki aktivitas vulkanik, mempunyai potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi panas bumi hingga cadangan hidrokarbon. Namun eksplorasi untuk lingkungan vulkanik masih menjadi tantangan terutama untuk metode seismik.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkarakterisasi fisik dan analisa hubungan antara parameter densitas, kecepatan Vp, atenuasi, dan resistivitas pada batuan vulkanik studi kasus Gunung Arjuno-Welirang. Penelitian  diawali dengan pengambilan sampel di lapangan dan pembuatan coring batuan sehingga didapatkan 45 coring batuan, dari 16 sampel batuan, yang mewakili 6 satuan batuan. Kemudian dilakukan pengukuran parameter resistivitas dengan metode konfigurasi axial resistivity, pengukuran densitas dengan prinsip Archimedes, dan pengukuran kecepatan Vp serta atenuasi dengan transmisi gelombang ultrasonik. Maka didapatkan hasil rentang parameter densitas batuan vulkanik Arjuno-Welirang berkisar antar 2400 – 2900 kg/m3, sedangkan rentang resistivitas bervariasi dari 30-185 kOhm.m. Kemudian rentang nilai kecepatan Vp bervariasi dari 5100-6700 m/s, dengan  koefisien atenuasinya memiliki rentang  0.05–0.23x10-3dB/m, dimana nilai densitas akan berbanding lurus dengan kecepatan Vp, dan nilai resistivitas akan berbanding terbalik dengan densitas-kecepatan Vp. Berdasarkan perbedaan trend dan sebaran data pada crossplot, maka batuan vulkanik sampel dapat dikelompokkan 3 kategori produk batuan vulkanik, yakni produk kategori lava, piroklastik, dan lava vesikular. Berdasarkan analisa petrolog, batuan vulkanik Arjuno-Welirang memiliki tipe intermediate-mafik dengan nama batuan dominasi andesit-basaltik dan basalt. Diharapkan karakterisasi ini dapat menjadi referensi untuk memodelkan bawah permukaan dan membantu metode eksplorasi geofisika di lingkungan vulkanik.

Keywords


atenuasi; batuan vulkanik; densitas; kecepatan Vp; resistivitas

Full Text:

PDF

References


Abousrafa, E.M., Somerville, J.M., Hamilton, S.A. Holden, P.W., 2013. A Laboratory Measurement Technique for Axial and Radial Resistivity at Ambient or Reservoir Stress State Conditions. Institute of Petroleum Engineering, Heriot-Watt University, Edinburgh E, UK.

Berita Berkala Vulkanologi, 1992. Edisi Khusus, G. Arjuno-Welirang.

Christensen, N.I. dan Mooney, W.D., 1995. Seismic Velocity Structure and Composition of The Continental Crust: A Global View. J. Geophys. Res., 100, 9761–9788.

Mavko, G., Mukerji T., Dvorkin J., 2009. The Rock Physics Handbook : Tools for Seismic Analysis of Porous Media. Cambridge University Press, New York.

Schoen, J. H., 2011. Handbook of Petroleum Exploration and Production. Volume 8 : Physical Properties of Rocks, Oxford UK, Elsevier.

Sutikno, Bronto., 2002. Volkanologi. Staf Pengajar pada Jurusan Teknik Geologi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i2.1922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.