Pengukuran Resistivitas Model Terowongan Dalam Rangka Evaluasi Desain Sistem Monitoring Menggunakan Metoda Resistivitas

Firman Syaifuddin

Abstract


Perkembangan teknologi transportasi masal yang berkembang di indonesia khususnya di daerah perkotaan saat ini banyak terkendala oleh kurang tersedianya lahan, sehingga memaksa pemerintah untuk membuat sarana transportasi masal dengan kebutuhan lahan minim, salah satu alternatif solusi adalah sarana transportasi dengan sistem terowongan.  Kondisi iklim Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban udara dan tingkat pelapukan yang tinggi mengakibatkan mudah berkurangnya kekuatan suatu bangunan khususnya terowongan yang dibangun di bawah permukaan tanah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kejenuhan air pada lapisan tanah atau batuan penutup suatu terowongan. Dengan memanfaatkan sifat resistivitas air yang rendah maka dapat dilakukan monitoring kekuatan suatu bangunan terowongan dengan metoda resisitivitas. Metoda resistivitas adalah salah satu metoda geofisika yang memanfaatkan sifat kelistrikan suatu meterial tertentu untuk mengetahui kondisi suatu lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan. Pada penelitian ini, sebagai bagian dari evaluasi desain sistem monitoring kondisi bangunan terowongan dilakukan pembuatan model fisik terowongan dengan skala tertentu. Model fisik dibuat dengan menggunakan beberapa material yang berbeda agar dapat merepresentasikan sifat batuan pada kondisi sebenarnya. Hasil pengukuran resistivitas secara jelas dapat menunjukan adanya terowongan yang memiliki nilai resistivitas tinggi sedangkan lapisan yang tingkat kejenuhan airnya tinggi ditunjukan dengan nilai resistivitas yang rendah.

Keywords


terowongan; metoda resistivitas; monitoring

Full Text:

PDF

References


Federal Highway Administration (FHWA), 2010. Tunnel Operations, Maintenance, Inspection And Evaluation (TOMIE) Manual. United States Transportation Department.

Lashkaripour, G.R., 2003. An Investigation of Groundwater Condition by Geoelectrical Resistivity Method : A Case Study in Korin Aquifer, Southeast Iran. Journal of Spatial Hydrology Vol.3, No.1 Fall

Loke M.H., 2000. Electrical Imaging Surveys For Environmental And Engineering Studies, A practical guide to 2-D and 3-D Surveys.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 02/0/PRT/M/2014 tentang Pedoman Pemanfaatan Ruang Di Bawah Bumi (RDB). Kementerian Pekerjaan Umum.

Pidlisecky. A, Knight, R., 2008. FW2_5D: A MATLAB 2.5-D Electrical Resistivity Modeling Code, Elsevier Journal Computers & Geosciences. Vol. 34, Page 1645–1654.

Reynolds, J.M, 1997. An Introduction to Applied and Environmental Geophysic. England:John Wiley and Son Ltd.Baffins, Chichester, West Susex PO19 IUD.

Telford. W.M.., dkk, 1990. Applied Geophysics. Second Edition, New York, Cambridge University Press.

http://litbang.pu.go.id/terowongan-sebagai-solusi-berbagai-masalah.balitbang.pu.go.id http://teraszaman.blogspot.com/Terowongan Air Bawah Tanah Terpanjang Di Indonesia.htm




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i2.1926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.