Karakterisasi Reservoar pada Litologi Karbonat Menggunakan Analisa Inversi Simultan Di Lapangan “MAF”

M. Afif Afianto, Wien Lestari, Firman Syaifuddin Syaifuddin, Farid Dasa Marianto

Abstract


Dalam dunia interpretasi geofisika, metode inversi masih menjadi metode efektif untuk mengetahui karakterisasi dari reservoar yang diteliti. Dari berbagai macam metode inversi, dikenal salah satunya adalah Inversi Acoustic Impedance (AI), yang telah dikenal dan digunakan untuk karakterisasi reservoar, baik dalam membedakan litologi maupun fluida. Namun, keterbatasan dari inversi AI adalah ketika membedakan litologi maupun fluida pada tipe batuan yang kompleks, yaitu karbonat. Karbonat memiliki karakteristik yang sulit untuk diprediksi dimana sering kali dijumpai memiliki nilai Impedansi dengan ambiguitas tinggi. Inversi Simultan menggunakan data seismik berupa angle yang terbagi kedalam near, mid dan far angle. Kemudian dilakukan inversi secara bersamaan menggunakan data angle gather dan wavelet hasil estimasi dari tiap range angle stack. Hasil yang didapatkan dari inversi ini adalah parameter Impedansi P, Impedansi S, Densitas dan rasio Vp/Vs, yang didapatkan melalui data gelombang P dan gelombang S. Pada penelitian ini dilakukan karakterisasi reservoar dengan menggunakan inversi simultan pada litologi karbonat di Formasi Ngimbang menggunakan dua sumur, AF2 dan AF3. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diketahui bahwa zona target memiliki nilai Impedansi P antara 33208 – 43341 (ft/s)*(gr/cc), Impedansi S antara 16088 – 25790 (ft/s)*(gr/cc), dengan persebarannya berada pada barat laut dari sumur AF2.


Keywords


impedansi; impedansi S; rasio Vp/Vs; karbonat

Full Text:

PDF

References


Friadi Sinaga, Jan., 2011. Pemetaan Litologi Batupasir pada Lapangan “X” Cekungan Sumatera Selatan dengan Seismik Inversi Simultan. Skripsi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Goodway, B., 2001. AVO and Lamé Constants for Rock Parameterization and Fluid Detection. Calgary: PanCanadian Petroleum Limited.

Razi, Muhammad., 2007. Aplikasi Metoda Seismik Inversi Simultan untuk Mengetahui Penyebaran Reservoir Batupasir – A3 pada Lapangan “X” Cekungan Sumatera Selatan. Skripsi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Russel, B., 2007. The Old and The New in Seismic Inversion”. The 2006 – 2007 Canadian Society of Exploration Geophysicist (CSEG) Distinguished Lecture. Calgary.

Russel, B., Hampson, D., 2006. AVO Theory” Software Hampson Russell. Calgary.

Russel, B., Hampson, D., 2006. Strata Theory. Software Hampson Russell. Calgary.

Saka Energi Indonesia., (2012). Well Report.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i3.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.