Karakterisasi Reservoir Karbonat Dengan Menggunakan Metode AVO Inversi Studi Kasus Lapangan “Ngawen”

Putri Rida Lestari, Dwa Desa Warnana, Farid Marianto

Abstract


Kebutuhan minyak dan gas bumi semakin meningkat, sehingga diperlukan adanya peningkatan eksplorasi hidrokarbon. Eksplorasi hidrokarbon bertujuan untuk mengetahui persebaran hidrokarbon pada reservoir. Karakteristik dari batuan reservoir sangat penting diketahui untuk mendapatkan reservoir yang bagus. Salah satu metode untuk mengetahui karakteristik batuan reservoir yaitu AVO (Amplitude Versus Offset) Inversi. Metode AVO juga bisa digunakan untuk mengetahui persebaran litologi. Dalam penelitian ini digunakan metode AVO Inversi, untuk mengetahui karakteristik reservoir pada batuan karbonat, persebaran litologi, dan persebaran hidrokarbon dengan studi kasus di lapangan Ngawen. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data seismik berupa Pre-stack gather 3D di area North East Java Basin, dan dua data sumur (sumur Ngawen 1 dan sumur Ngawen 2). Penelitian ini difokuskan pada Formasi Ngimbang Karbonat. Hasil analisis crossplot menunjukkan bahwa parameter log gamma ray, Pimpedace, S-Impedance, dan Lambda Mu-Rho (LMR) dapat mengidentifikasi litologi (porous carbonate, tight carbonate, dan shale) dan fluida (oil, gas, dan water) dengan baik. P-Impedance dan Lambda MuRho (LMR) hasil AVO Inversi menunjukkan adanya zona reservoir dan fluida hidrokarbon pada porous carbonate dengan baik. Zona reservoir karbonat ditunjukkan dengan nilai P-Impedance dan nilai Lambda Mu-Rho (LMR) yang relatif tinggi. Zona fluida hidrokarbon memiliki nilai P-Impedance dan nilai LMR yang rendah.

Keywords


AVO Inversi; Formasi Ngimbang Karbonat; Lambda Mu-Rho; P-Impedance; Reservoir Karbonat

Full Text:

PDF

References


Diky Setiawan, Marianto, F., Wikanswasti, D., & Wardhana, A. (2015). Tuban Sandstone. Indonesian Petroleum Association. Jakarta.

Gray, D., & Andersen, A. (2001). The Aplication of AVO and Inversion to the Estimation of Rock Properties. CSEG Recorder.

Hampson, D., & Russel, B. (2008). AVO Workshop Part 1. Cource Notes, CGG Veritas.G. O. Young, “Synthetic structure of industrial plastics (Book style with paper title and editor),” in Plastics, 2nd ed. Vol. 3, J. Peters, Ed. New York: McGraw-Hill (1964) 15–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v3i2.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.