Pemetaan Lingkungan Korosi Bawah Permukaan Menggunakan Metode Self-Potensial Berdasarkan Native Potential pada Daerah Unit 7 Dan 8 PT.IPMOMI

Masruro Amalia, Widya Utama, Juan Pandu Gya Nur Rochman

Abstract


Korosivitas tanah merupakan salah satu masalah yang berdampak pada kerusakan lingkungan dan infrastruktur. Pipa yang terletak pada subsurface menjadi salah satu contoh dari infrastruktur yang rentan terhadap korosi, maka dari itu pemetaan subsurface sangat dibutuhkan untuk mengetahui keadaan lingkungan korosif bawah permukaan. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian mengenai pemetaan lingkungan korosi bawah permukaan dengan menggunakan metode Self Potensial pada daerah unit 7 dan 8 PT.IPMOMI. Pengukuran self potensial dilakukan 2 kali yaitu pada awal penelitian dan 15 hari setelahnya. Dari hasil pengukuran SP kemudian dikorelasi dengan nilai native potensial sehingga didapat range nilai korosivitas tanah. Nilai SP -120 hingga 40 memiliki tingkat korosivitas sedang, dan nilai SP 40220 memiliki tingkat korosivitas yang sangat tinggi. Pada lokasi penelitian tingkat korosivitas yang sangat tinggi berada pada sisi utara dari lintasan dan semakin rendah pada sisi selatan yang disebabkan oleh adanya intrusi air laut pada sisi utara dari lokasi penelitian.

Keywords


Korosivitas tanah; intrusi; native potential; self –potential

Full Text:

PDF

References


Beavers, J.A., Thompson, N.G. 2006. External Corrosion of Oil and Natural Gas Pipeline. ASM Handbook Volume 13C, Corrosion: Environments and Industries. ASM International.

Kiswara, Reza, 2009. Pengaruh resistivitas tanah terhadap Pengukuran potensial baja dengan multimeter Digital dan mikrokontroler atmega8353.

Pendowo., H. Samodera., 1997, Peta Geologi Lembar Besuki Jawa Timur, Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Reynold, John M. 1997. An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. West Sussex: Wiley.

Steel pipe Native Potentials in Soil Affect CP Criteria, March 2012, Vol 239 No 3)

Taufiqurrohman, Rizal. 2017. Pendugaan Zona Intrusi Air Laut Dan Pengaruh Terhadap Zona Korosi Lokal Tanah Berdasarkan Nilai Resistivitas Tanah Dengan Menggunakan Metode Resistivitas 2d. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Telford, W. M. 1990. Applied Geophysics Second Edition. USA: Cambridge University Press

Usman, H. dan R. Purnomo Setiady Akbar. 2000. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v3i2.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.