Rancang Bangun Sistem Monitoring Pergerakan Tanah Menggunakan Metode Multi Segment Inclinometer Berbasis Accelerometer (Studi Kasus Model Lereng)

Hamzah Afif, Amien Widodo, Juan Pandu Gya Nur Rochman, Firman Syaifuddin

Abstract


Telah dilakukan rancang bangun alat monitoring pergerakan tanah dengan parameter yang dipantau antara lain perubahan sudut dan kadar kelembaban tanah. Metode yang digunakan adalah multi segment inclinometer yang dinilai lebih efektif karena dapat membaca pergerakan tanah melalui perubahan sudut yang  bervariasi terhadap kedalaman. Prototype alat berupa multi segment inclinometer berbasis Arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler. Perubahan sudut diukur menggunakan inclinometer berbasis accelerometer MPU 6050 dan kadar kelembaban tanah diukur menggunakan moisture sensor dari DfRobot. Prototype alat dan sistem yang dibangun pada penelitian ini menggunakan hardware dan software dengan lisensi open source sehingga pembuatannya lebih mudah dan murah. Prototype alat diuji pada sebuah model lereng. Uji yang dilakukan yaitu uji pengaruh sudut dan uji penambahan air. Hasil uji pengaruh sudut sebelum longsor terjadi perubahan sudut sebesar 6° dalam setengah detik. Pada uji penambahan air perubahan sudut sebesar 7°-12° dalam setengah detik. Peruabahan kadar air sebelum terjadi longsor sebesar 21%. Data yang diperoleh dari sensor ditampilkan secara real time menggunakan antarmuka Processing dan disimpan dalam bentuk .csv. Hasil analisa data menunjukkan sistem monitoring yang telah dibuat dapat membaca indikasi terjadinya longsor.

Keywords


Accelerometer; Gerakan Tanah; Moisture Sensor; Multi Segment Inclinometer

Full Text:

PDF

References


Hirnawan, R.F. (1993), Ketanggapan Stabilitas Lereng Perbukitan Rawan Gerakan- tanah atas Tanaman Keras, Hujan & Gempa, Universitas Padjadjaran.

Risdiyanto, I. (2011), Identifikasi Daerah Rawan Longsor. Diambil 1 September 2018, dari https://www.researchgate.net/publication/305560255_Identifikasi_Daerah_Rawan_Longsor

Setiadi, F. (2017), Rancang Bangun Prototipe Early Warning System Tanah Longsor Menggunakan Sensor Majemuk Berbasis GSM, Elektro Politeknik Negeri Padang.

Uchimura, T., Towhata, I., Wang, L., Nishie, S., Yamaguchi, H., Seko, I. dan Qiao, J. (2015), "Precaution and Early Warning of Surface Failure of Slopes Using Tilt Sensors", Soils and Foundation, Vol.55, No.5, hal. 1086–1099.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v5i1.4732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.