Analisis Parameter Fisis Lempung Dalam Penentuan Daya Dukung Tanah (Studi Kasus: Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik)

Ahmad Widodo, Widya Utama, M. Singgih Purwanto, M. Haris Miftakhul Fajar

Abstract


Kawasan reklamasi di Kecamatan Manyar, Gresik merupakan daerah dengan kondisi tanahnya yang didominasi oleh tanah lempung. Sebelum dilakukan pembangunan dan pembebanan, perlu dilakukan investigasi untuk mendapatkan daya dukung tanah lempung tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan karakter fisis lempung di lokasi penelitian, dan mendapatkan daya dukung optimum dari model tanah lempung dan tanah timbunan. Penelitian dilakukan dengan melakukan pemodelan tanah dan pemberian beban permukaan. Sehingga didapatkan nilai penurunan yang kemudian digunakan untuk penentuan nilai daya dukung. Penelitian ini menggunakan sampel lempung dari lapangan untuk dilakukan pengukuran sifat fisis secara langsung. Didapatkan hasil densitas 1,448 gr/cm3, porositas 70,046 %, specific gravity 2,565 dan kohesi 5,238 kN/m2. Hasil analisis hubungan antar parameter didapatkan bahwa antara specific gravity – porositas, kohesi – specific gravity dan kohesi – porositas menujukkan adanya hubungan parameter yang kuat. Sedangkan parameter yang tidak menunjukkan adanya korelasi ialah antara porositas – densitas, specific gravity – densitas dan kohesi – densitas. Dari 4 model tanah yang dimodelkan didapatkan hasil daya dukung optimum untuk model 1 sebesar 35 kN/m2, model 2 sebesar 40 kN/m2, model 3 sebesar 43 kN/m2, dan model 4 sebesar 47 kN/m2.

Keywords


Daya Dukung Tanah; Lempung; Parameter Fisis; Penurunan Tanah

Full Text:

PDF

References


Feld, J. (2017), The Factor of Safety in Soil and Rock Mechanics.

Hardiyatmo, H.C. (2002), Mekanika TANAH I, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardiyatmo, H.C. (2003), Mekanika TANAH II, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nusantara, M.A. (2014), Analisis daya dukung pondasi dangkal pada tanah lempung menggunakan perkuatan anyaman bambu dan grid bambu dengan bantuan program plaxis, Vol.2, No.3.

Schon, J.. (2011), Physical Properties Of Rocks, 8th Ed., Elsevier, Amsterdam.

Sijabat, David M.F. (2010), Analisa Perkuatan Daya Dukung Tanah Lunak Dengan Geosintetik Menggunakan Pemodelan Perangkat Lunak (Program Plaxis), Universitas Indonesi, Depok.

Supandjono, J.., Hasan, K., Panggabean, H., Satria, D. dan Sukardi (1992), Peta Geologi Lembar Surabaya-Sapulu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v6i2.5445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.