Rancang Bangun Prototype Instrumen Pendeteksi Dini Tsunami Akibat Gempabumi dengan Memanfaatkan Prinsip Refleksi Gelombang

Kharis Aulia Alam, Amien Widodo, Juan Pandu Gya Nur Rochman

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang dikategorikan sebagai negara dengan tingkat kerawanan terhadap bencana tsunami yang tinggi. Penyebab terbesar dari tsunami di Indonesia adalah aktivitas tektonik atau gempabumi, dimana hingga awal tahun 2018 lebih dari 150,000 jiwa meninggal dunia. Tingginya angka korban jiwa tersebut tentunya tidak lepas dari absennya teknologi pendeteksi dini tsunami di Indonesia dan ditambah dengan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang tanda-tanda tsunami, seperti surutnya air laut. Perancangan prototype instrumen pendeteksi dini tsunami akibat gempabumi dilakukan dengan memanfaatkan prinsip refleksi gelombang. Sensor ultrasonik dan sensor efek doppler dikombinasikan dengan mengaplikasikan konsep penembakan dan penerimaan kembali gelombang. Pengujian dilakukan terhadap model uji rekayasa kondisi tsunami untuk melihat kemampuan instrumen dalam mendapatkan data ketinggian dan kecepatan perubahan ketinggian air. Digunakan nilai kecepatan rekayasa bernilai 0,02 m/s sebagai batas antara keadaan aman dan keadaan bahaya tsunami pada rancangan model uji. Kedua sensor mampu mendapatkan nilai ketinggian air dan kecepatan perubahan ketinggian air dengan toleransi tingkat kesalahan pembacaan data sebesar ±10-2 m/s.

Keywords


Efek Doppler; Gempabumi; Refleksi Gelombang; Tsunami; Ultrasonik

Full Text:

PDF

References


Axelson, J. (1997), Google-Books-ID: VZfPBgAAQBAJ, The Microcontroller Idea Book: Circuits, Programs & Applications Featuring the 8052-BASIC Microcontroller, lakeview research llc

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (2012), Buku Pedoman Pelayanan Peringatan Dini Tsunami InaTEWS, 2 Ed., BMKG, Jakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (2010), InaTEWS - Konsep dan Implementasi, BMKG, Jakarta.

Badan Nasional Penaggulangan Bencana (2018), Bencana Alam Tsunami di Indonesia. Diambil dari http://bnpb.cloud/dibi/tabel1b.

Diposaptono, S. dan Budiman, B. (2006), Tsunami, 2 Ed., PT Sarana Komunikasi Utama, Bogor.

Novianta, M.A. (2019), "ALAT UKUR KECEPATAN FLUIDA DENGAN EFEK DOPPLER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER AT89S51 - PDF Download Gratis", Jurnal Teknologi, Vol.3, No.1, hal. 1–9.

Schone, T., Pandoe, W., Mudita, I. dan Roemer, S. (2011), "GPS Water Level Measurements for Indonesia’s Tsunami Early Warning System", Nat. Hazards Earth Syst. Sci.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v6i1.5644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.