PENGOPTIMALAN DUGAAN MINERAL MANGAN (Mn) DENGAN KORELASI METODE RESISTIVITAS 2D DAN POLARISASI TERINDUKSI 2D DI LAPANGAN “X”, KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, NUSA TENGGARA TIMUR

Ayi Syaeful Bahri, Anik Hilyah, Arya Nur Dewangga Putra

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2015 di Oemanu dengan menggunakan metode geolistrik resistivitas 2D konfigurasi Wenner mendapatkan hasil sebaran zona yang berpotensi mengandung mangan. Namun, penelitian tersebut tidak memuat informasi terkait posisi dan jumlah dugaan secara detail. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pit test, dimana hanya ada satu titik yang berhasil dieksploitasi dari sembilan titik yang dianggap berpotensi. Penelitian kali ini bertujuan untuk memperoleh dugaan mineral mangan yang lebih optimal dengan menggunakan korelasi metode geolistrik resistivitas dan polarisasi terinduksi (IP) dengan konfigurasi Wenner. Penelitian ini memuat data resistivitas dan chargeability dari 273 lintasan yang tersebar di area prospek. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan resistivitas mangan pada rentang nilai 0.1 Ωm hingga 0.6 Ωm dengan rata-rata error 3% hingga 6%. Sedangkan, rentang nilai chargeability mangan adalah 9 msec hingga 14 msec dengan rata-rata error 1% hingga 3%. Penelitian menunjukkan bahwa metode korelasi dapat memberikan informasi mengenai lempung limonit yang merupakan asosiasi sedimen lempung dan logam. Hal ini membuat korelasi metode lebih optimal karena memperkecil kesalahan interpretasi mangan atau lempung limonit.

Keywords


mangan; polarisasi terinduksi (IP); resistivitas

Full Text:

PDF

References


Audley-Charles, M. (1968), "The Geology of Portuguese Timor", Geological Society, London, Memoirs, http://doi.org/10.1144/GSL.MEM.1968.004.01.02.

Bachri, S. dan Permana, A.K. (2017), "Tektonostratigrafi Cekungan Timor di Bagian Barat Pulau Timor", Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral, Vol.16, No.2, hal. 79–91. http://doi.org/10.33332/jgsm.geologi.v16i2.43.

Bemmelen, V. (1949), The General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes Vol IA.

Greenly, E. (1919), Google-Books-ID: xmoRAAAAIAAJ, The Geology of Anglesey, H.M. Stationery Office.

Hutchison, C.S. (1983), Google-Books-ID: lEBdDwAAQBAJ, Economic Deposits and Their Tectonic Setting, Palgrave Macmillan, California.

Loke, M.H. (2001), Tutorial: 2-D and 3-D Electrical Imaging Surveys, Geotomo Software, Malaysia.

Priyono, A. (2019), Metode Induksi Polarisasi untuk Menentukan Persebaran dan Sumberdaya Hipotetik Endapan Timah Primer pada Zona Intrusi Granit Daerah Gunung Batubesi Belitung Timur, Bachelor’s Thesis, Universitas Lampung, Lampung.

Reynolds, J.M. (2011), Google-Books-ID: kMnHYMgMzVQC, An Introduction to Applied and Environmental Geophysics, John Wiley & Sons, New Jersey.

Rosidi, H.M.D., Tjokrosapoetro, S. dan Gafoer, S. (1979), Peta Geologi Lembar Kupang-Atambua, Timor = Geologic Map of the Kupang-Atambua Quadrangles, Timor,.

Suwitodirdjo, K. dan Tjokrosapoetro, S. (1979), Peta Geologi Lembar Kupang-Atambua, Timor, skala 1:250.000,.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v7i3.8782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.