PERENCANAAN ULANG SISTEM DRAINASE PERUMAHAN SUKOLILO DIAN REGENCY DI SURABAYA TIMUR

Lisna Isminingtyas, Umboro Lasminto

Abstract


Surabaya merupakan salah satu kota besar  yang ada di Jawa Timur. Luas total Kota Surabaya  adalah  350,5  km²  dengan  jumlah  penduduk  sebanyak 3.057.766 jiwa. Kota Surabaya menjadi  salah satu destinasi masyarakat luar kota yang ingin  berurbanisasi. Hal ini merupakan salah satu faktor  utama  yang  menarik  minat  para  pengembang  perumahan  dan  properti  untuk  membangun  kawasan  perumahan  baru.  Perumahan  Sukolilo  Dian Regency dibangun dengan cara menimbun  lahan sehingga mengubah penggunaan lahan dari  daerah tambak (tampungan sementara)  menjadi  daerah limpasan yang tentunya akan berdampak  pada permasalahan banjir disekitarnya. Tahap  pertama  dari  pengerjaan  penelitian ini adalah melakukan studi lapangan dan  studi  literatur.  Dilanjutkan  dengan  melakukan  pengumpulan  data,  data-data  yang  diperlukan  untuk  penelitian  ini  diantaranya  adalah  data  hidrologi, data peta, dan data hidrolika. Setelah  mendapatkan data, dilakukan analisis debit banjir  rencana sehingga dapat disimpulkan apakah sistem  drainase  eksisting  dapat  menampung  dan  menyalurkan  debit  rencana  yang  telah  diperhitungkan. Berdasarkan  hasil  analisis,  penyebab  adanya genangan  yang terjadi  pada perumahan  dikarenakan  tidak  mampunya  sistem  drainase  menampung  debit  rencana,  selain  itu  adanya  pengaruh  pasang  pada  saluran  sekunder  berdampak pada saluran tersier dalam perumahan.  Sehingga dibutuhkan perencanaan sistem drainase  baru pada perumahan dengan merevitalisasi semua  saluran  pada  perumahan  menggunakan  U-Ditch  dan penambahan fasilitas drainase berupa kolam  tampung dan pompa untuk mencegah pengaruh  pasang dari saluran sekunder.


Keywords


drainase, genangan, sukolilo dian regency, surabayadrainase, genangan, sukolilo dian regency, surabaya

Full Text:

PDF

References


Febriana, Y., 2009. Analisis Sistem Drainase Medokan Terhadap Fluktuasi Debit Kali Wonokromo. Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta : Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/jh.v3i1.14029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Hidroteknik oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/hidro/index.