STUDI OPTIMASI PEMANFAATAN WADUK WAY APU DI PROVINSI MALUKU UNTUK JARINGAN IRIGASI, KEBUTUHAN AIR BAKU, DAN POTENSI PLTA

Radita Ahadunnisa, Nadjadji Anwar, Nastasia F Margini

Abstract


Waduk Way Apu terletak di aliran Sungai Way Apu dan masuk wilayah Kecamatan Waeapo di Pulau Buru, Provinsi Maluku. Secara geografis sesuai dengan koordinat UTM, Waduk Way Apu terletak di koordinat X = 260630,764 dan Y = 9608598. Waduk Way Apu mampu mengairi 5726 ha sawah padi. Waduk Way Apu direncanakan mampu untuk memenuhi kebutuhan irigasi, air baku, dan potensi PLTA. Sehubungan dengan permasalahan tersebut diatas, perlu adanya studi optimasi Waduk Way Apu untuk pemanfaatan irigasi, kebutuhan air baku, dan potensi PLTA. Dengan adanya studi optimasi dapat diketahui pengaturan cara pemberian air yang baik dan pengaturan pola tanam. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan studi optimasi antara pola tanam dan kebutuhan air baku serta potensi PLTA sehingga fungsi dari Waduk Way Apu dapat digunakan secara optimal. Untuk analisa ini digunakan program linier dengan program bantu POM-QM for Windows 3. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, didapatkan beberapa kesimpulan yaitu Debit andalan yang digunakan untuk menghitung besar kebutuhan air adalah Debit Andalan 80% terbesar adalah 21.27 m3/detik dan Debit Andalan 80% terkecil adalah 0.95 m3/detik, Alternatif Pola Tanam yang paling optimal adalah Alternatif Pola Tanam 1 dengan masa awal tanam Nopember 1, besar kebutuhan air untuk kebutuhan air baku pada tahun 2012 pada kondisi jam puncak adalah sebesar 44.67 liter/detik, dan besar energi yang dihasilkan dari perhitungan potensi PLTA didapatkan daya sebesar 152.16 kW dengan Debit Andalan 90% sebesar 2.47 m3/detik.

Keywords


waduk Way Apu; optimasi; irigasi; PLTA; air baku; program linier

Full Text:

PDF

References


Angela, Nora. 2009. Studi Optimasi Pemanfaatan Air Waduk Ngebel di Kabupaten Ponorogo untuk Irigasi dan PLTA dengan Menggunakan Program Linier. Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Anwar, Nadjadji. 2001. Analisa Sistem Untuk Teknik Sipil. Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Anwar, Nadjadji. 2012. Rekayasa Sumber Daya Air. Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Effendy, Bambang. 2013. SID Bendungan Way Apu Pulau Buru Kabupaten Buru. Ambon : PT. ABCO Consultant.

Handarwati Nur Rochmah, Reski. 2009. Studi Water Balance Waduk Kedung Brubus dan Waduk Notopuro untuk Pemanfaatan Air Baku dan Irigasi. Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Sidharta S.K. 1997. Irigasi dan Bangunan Air. Jakarta : Guna Darma.

Soemarto, CD. 1987. Hidrologi Teknik. Jakarta : Penerbit Usaha Nasional.

Soedasono, Suyono. 1985. Hidrologi Untuk Pengairan edisi 5. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/jh.v1i2.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Hidroteknik oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/hidro/index.