Analisa Hidrograf Satuan Sintetik Nakayasu Dan ITB Pada Sub DAS Konto, Jawa Timur

Nastasia Festy Margini, Danayanti Azmi Dewi Nusantara, Mohamad Bagus Ansori

Abstract


Perhitungan debit banjir rencana merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam merencanakan bangunan air. Dengan perencanaan debit banjir yang tepat dan sesuai akan menyebabkan pembangunan sarana prasarana keairan menjadi efektif dan efisien serta dapat mengurangi resiko akan kegagalan bangunan akibat bencana alam seperti banjir. Selain pemilihan periode ulang rencana yang tepat sesuai dengan resiko yang akan dihadapi oleh suatu bangunan keairan, dalam perhitungan debit banjir rencana juga diperlukan metode yang tepat untuk dapat menggambarkan hidrograf yang sesuai dengan karakteristik suatu daerah aliran sungai (DAS) dimana suatu bangunan keairan tersebut akan dibangun.

Sub DAS Konto, salah satu anak Sungai Brantas, yang merupakan sungai besar dan penting di Jawa Timur. Sehingga keberadaan debit airnya juga sangat menentukan kebermanfaatannya untuk kehidupan masyarakat sekitar. Didalam penelitian akan menggunakan metode Nakayasu dan ITB yang dibandingkan dengan hasil pengukuran debit di lapangan.


Keywords


hidrograf sintetik, Nakayasu, ITB, Sub Sub DAS Konto, Sungai Brantas

Full Text:

PDF

References


Agus, I. 2007. Modifikasi Persamaan Hidrograf Satuan Sintetis Metoda Nakayasu Terhadap Hidrograf Satuan Observasi DAS Ciliwung Hulu. Rekayasa Sipil.

Anwar, Nadjadji., Umboro Lasminto, I Gede Tunas. 2018. Hidrograf Satuan Sintetik ITS-2.Surabaya : ITS Press.

Arsyad, S. 2012. Konservasi Tanah dan Air.Bogor : IPB Press

Asdak, C. 2002. Hidrologi dan Pengolahan Aliran Sungai. Jakarta: Gajah Mada University Press.

Natakusumah, D. K. 2011. Prosedur Umum Perhitungan Hidrograf Satuan Sintetis dengan Cara ITB dan Beberapa Contoh Penerapannya. Jurnal Teknik Sipil.

Nugroho, Sutopo Purwo. 2001. Analisis Hidrograf Satuan Sintetik Metode Snyder, Clark Dan Scs dengan Menggunakan Model Hec-1 di Das Ciliwung Hulu Jurnal Saint & Teknologi Modifikasi Cuaca.

Ponce, V. M. 1989. Engineering Hydrology: Principles And Practices. Englawoods Cliffs New Jersey: Practice Hall.

Qoriaulfa, Agreista Vidyna,dkk. 2016. Analisis Limpasan Langsung menggunakan Nakayasu, SCS dan ITB Studi Kasus Sub DAS Progo Hulu. Prosising SNTT FGDT.

Triatmodjo, B. 2013. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.

Tunas, I.G., Nadjadji Anwar, Umboro Lasminto. (2015a), Kinerja HSS Snyder, Nakayasu, dan GAMA I Pada DAS terukur di Sulawesi Tengah, Jurnal Teknik Sumber Daya Air, vol. 1 no. 2 Juni 2015 Himpunan Ahli Teknik Hidraulika Indonesia (HATHI). Hal 105-114

Wang, Q. J., The genetic algorithm and its application to calibrating conceptual rainfall-runoff models, Water Resour. Res., 27(9), 2467-2471, !991.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/jh.v2i1.4401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Hidroteknik oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/hidro/index.