Pengembangan Desain Visual Kemasan IKM Keripik Bonggol Pisang “Si Bonggi” dengan Tema Budaya dan Kearifan Lokal Jombang untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk serta Potensi Desa

Putri Dwitasari, Nurina Orta Darmawati, Didit Prasetyo, Nugrahardi Ramadhani, Naufan Noordyanto

Abstract


Abstrak−Keripik Bonggol Pisang Si Bonggi merupakan IKM produk olahan bonggol pisang hasil kreasi Kelompok Wanita Mandiri Balongsari yang dibentuk dari program ESR dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto. Dalam pelaksanaannya, program ESR ini telah melakukan pendampingan selama 3 tahun. Meskipun telah berhasil menciptakan suatu produk olahan yang siap jual, pendampingan belum menyentuh ranah desain. Kondisi saat ini hanya memiliki logo dan jenis kemasan sederhana dengan desain label yang kurang memiliki nilai jual. Karena ini merupakan jenis usaha produk makanan, maka desain kemasan juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Pengembangan desain visual kemasan ini merupakan proses perancangan lanjutan setelah perancangan sebelumnya telah dibuat identitas visual berupa logo. Kajian teori yang akan digunakan adalah branding dan kemasan. Teknik pengumpulan data adalah dengan melalui studi lapangan atau observasi, wawancara, serta studi pasar. Tahap berikutnya adalah mengumpulkan informasi yang telah di dapat sebagai bahan riset, memetakan konsep, analisis konsep desain, dan merancang alternatif desain. Hasil dari penelitian ini adalah berupa desain kemasan yang representatif dengan tema budaya dan kearifan lokal jombang agar mampu mencerminkan dan mempresentasikan keunggulan produk keripik bonggol pisang sebagai oleh-oleh khas Jombang. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk serta meningkatkan potensi desa.

 

 

Abstract Si Bonggi Banana Bonggol Chips is a SME product of processed banana weevil created by the Balongsari Independent Women's Group, which was formed from the ESR program in economic empowerment for the ASTRA Infra Toll Road community, Jombang-Mojokerto. In its implementation, the ESR program has assisted for three years. Although it has succeeded in creating a processed product that is ready to be sold, the assistance has not touched the realm of design. The current condition only has a logo and a simple type of packaging with a label design that has little selling value. Because this is a type of food product business, the packaging design also needs to be taken into account. The development of this visual packaging design is an advanced design process after the previous design has created a visual identity in a logo. The theoretical studies that will be used are branding and packaging. Data collection techniques are through field studies or observations, interviews, and market studies. The next stage is collecting information that has been obtained as research material, mapping concepts, analyzing design concepts, and designing alternative designs. The results of this study are in the form of a representative packaging design with the theme of culture and local wisdom of Jombang in order to be able to reflect and present the advantages of banana hump chips products as souvenirs typical of Jombang. In addition, it is expected to increase the selling value of the product and increase the potential of the village.

 

 


Keywords


Si Bonggi, packaging design, culture, Jombang local wisdom, selling value, and potential village

Full Text:

PDF

References


Neumeier, Marty. 2003. The Brand Gap. USA : AIGA.

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga

Julianti, Sri. 2018. The Art of Packaging Mengenal Metode, Teknik, dan Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dengan hasil Maksimal. Jakarta : PT Gramedia

Wells, William. Burnett, John. Moriarty, Sandra. 2000. Advertising: Pronciples and practice. New Jearsey: Prentice Hall.

Brooking, Catherine Slade. 2016. Creating A Brand Identity A Guide for Designer. London, United Kingdom: Laurence King Publishing Ltd.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. New Jearsey: John Wiley & Sons, Inc.

Rustan, Surianto, S.Sn., 2009. Mendesain Logo. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Wiryawan, Mendiola. 2008. Kamus Brand: A-Z. Jakarta: Red and White

Wells, William D., John Burnett, dan Sandra E. Moriarty. 2000. Advertising: Principles and Practice. Fifth Edition. USA: Prentice – Hall.

Calver, Giles. 2004. What Is Packaging Design?. Switzerland: RotoVision SA.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. New Jearsey: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v21i1.12642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023