Desain dan Pengembangan Media Edukatif Tematik: Tamasya untuk PAUD

Devanny Gumuly, Maria Natashia

Abstract


Abstrak, Pendidikan PAUD merupakan fondasi utama dalam pembelajaran anak-anak. Oleh karena itu, penting untuk mendukungnya dengan menggunakan media edukatif yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji desain dan pengembangan media edukatif tematik tamasya yang fokus pada pengalaman belajar yang holistik, bermakna, otentik, dan aktif bagi anak-anak PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan research through design yang menerapkan kerangka proses ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan guru PAUD dari TK Bintang Timur, Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edukatif tematik tamasya efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan minat belajar anak-anak PAUD. Anak-anak menunjukkan fokus dan antusiasme yang lebih tinggi saat terlibat dalam aktivitas belajar yang melibatkan unsur kreativitas, seperti aktivitas mewarnai. Mereka juga menjadi lebih atentif dalam mendengarkan cerita yang disampaikan guru, dan merespon dengan menggunakan token ikon yang disediakan. Selain itu, komponen media edukatif yang beragam, seperti alat peraga, buku panduan, token, cap reward, dan lembar kerja aktivitas anak, memberikan variasi dan keberagaman dalam pembelajaran, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar anak-anak yang beragam. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pembelajaran PAUD dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta memfasilitasi perkembangan kreativitas dan pemahaman anak-anak terhadap materi pelajaran.

Abstract—Early childhood education (PAUD) is the fundamental foundation for children's learning. Therefore, it is important to support it by using appropriate learning kit. This study aims to examine the design and development of thematic learning kit called “Vacation” that focuses on holistic, meaningful, authentic, and active learning experiences for PAUD children. The research method used in this study is qualitative research with a research through design approach, applying the ADDIE framework (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data for the study was collected through interviews with PAUD teacher from TK Bintang Timur, Bali. The findings of the study indicate that the use of thematic educational media, "tematik tamasya," is effective in enhancing the engagement and interest of PAUD children in learning. Children showed higher levels of focus and enthusiasm when engaged in creative activities such as coloring. They also became more attentive when listening to stories presented by teachers and responded using the provided icon tokens. Additionally, the diverse components of educational media, including teaching aids, guidebooks, tokens, cap rewards, and activity worksheets, provide variation and diversity in learning, thus catering to the diverse learning needs of children. This research contributes significantly to early childhood education by creating a pleasant learning environment and facilitating the development of children's creativity and understanding of the subject matter.


Keywords


media edukatif, PAUD, proses desain

Full Text:

PDF

References


Nusagama, “Pengertian PAUD Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan,” 2016. https://nusagama.com/pengertian-paud-pendidikan-anak-usia-dini-adalah-jenjang-pendidikan/ (accessed Jul. 01, 2023).

D. Gumulya, A. Narissa, C. Renata, and H. Pius, “Perancangan Media Edukatif Tematik Pekerjaan Untuk Siswi Tk B Bintang Timur Bali,” J. Lentera Widya, vol. 3, no. 2, pp. 113–130, Jun. 2022, doi: 10.35886/LENTERAWIDYA.V3I2.369.

Syukri, “Peran Media Pembeljaran Untuk Anak Usia Dini,” Al Abyadh, vol. 4, no. 1, pp. 16–23, 2021.

D. D. K. P. Sitanggang, “Pembelajaran Tematik Adalah: Karakteristik, Ciri, Jenis, dan Langkahnya,” Detik Bali, 2022. https://www.detik.com/bali/berita/d-6412952/pembelajaran-tematik-adalah-karakteristik-ciri-jenis-dan-langkahnya (accessed Jul. 01, 2023).

M. Riadi, “Pembelajaran Tematik (Pengertian, Karakteristik, Ciri, Jenis dan Langkah-langkahnya),” Kajian Pustaka, 2020. https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pembelajaran-tematik.html?m=1 (accessed Jul. 01, 2023).

E. Suminah and A. N. F. Y. W. A. P. R. P. Soendjojo, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, no. 021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

D. Gumulya, G. Tjakra, C. Y. Halim, D. Prabowo, G. I. I, and W. Anastasia, “Penerapan Model Pembelajaran Addie: Applied, Develop, Design, Implement, Evaluation Pada Perancangan Media Edukatif Tematik Untuk Siswi Kelas 1 Sekolah Dian Harapan, Lippo Village,” J. Lentera Widya, vol. 4, no. 1, pp. 7–17, 2022.

A. De Bell, “What is the ADDIE Model of Instructional Design?,” 2015. view-source:https://waterbearlearning.com/addie-model-instructional-design/.

P. J. Stappers and E. Giaccardi, “Research through Design | The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed.,” 2018. .

A. C. D. D. Puspitasari and R. Rahmawati, “Peran Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat Membaca Siswa Tk Al-Aflah Jagakarsa Jakarta Selatan,” Community Engagem. Emerg. J., vol. 2, no. 2, pp. 292–297, 2021, doi: 10.37385/ceej.v2i2.237.

M. Muyasaroh, “Penggunaan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Tk,” As-Salam, pp. 23–40, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/38%0Ahttp://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/download/38/96.

J. Winters, “Children’s Participation in Planning and Regeneration,” J. Educ. Built Environ., 2010, doi: https://doi.org/10.11120/jebe.2010.05020085.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v22i1.20095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023