Kajian Visual Estetik pada Desain Kemasan Produk Cokelat UKM Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya

Ixsora Gupita Cinantya

Abstract


Dengan melihat potensi sumber daya alam coklat yang ada di Indonesia, para pengusaha kecil dan menengah (UKM)telah mampu memproduksi berbagai macam makanan yang terbuat dari bahan coklat.Hal itu membuat konsumen dihadapkan pada banyaknya pilihan produk yang ada dipasaran. Pengusaha tidak lagi bersaing dengan hanya mengandalkan kualitas produk yang dihasilkan, tetapi juga harus memikirkan bagaimana membuat identitas sebuah produk agar mempunyai ciri khas untuk kemudian bisa dikenal luas dan yang terpenting bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Salah satu UKM yang memproduksi makanan yang terbuat dari bahan cokelat, yaitu UKM Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. UKM yang dinaungi Dinas Pertanian Kota Surabaya ini telah memproduksi cokelat sejak tahun2011 dan memasarkan produk coklatnya melalui bazar/pameran, melalui sentra UKM, dan melalui media elektronik maupun cetak. UKM yang bertempat di SemolowaruElok Surabaya ini memproduksi cokelatnya dengan berbagai macam kemasan, dengan tujuan memiliki daya tarik tersendiri guna tertangkapnya stimulus oleh konsumen sehingga diharapkan konsumen tertarik pada produk tersebut. Sepaham dengan penjelasan diatas sangat diperlukan memperhatikan estetika visual pada kemasan dalam membangun citra dan kekuatan serta identitas sebuah produk untuk menghadapi persaingan bisnis. Produk Cokelat Choco Bar Rahma merupakan salah satu produk unggulan Kelompok Tani Elok Mekar Sari dalam bidang olahan lain. Cokelat Choco Bar Rahmamerupakan sebuah produk inovatif dan kreatif dalam bisnis yang kompetitif dalam bidang UKM. Selama tujuh tahun berdiri, produk Cokelat Rahma terus menghasilkan produk-produk terbaru dengan kemasan yang sangat dipertimbangkan aspek desainnya. Perkembangan desain kemasan yang awalnya sangat sederhana menjadi lebih baik dan lebih lengkap. Berdasarkan perpaduan desain secara keseluruhan antara tipografi, ilustrasi, komposisi/layout, serta elemen-elemen desain yang ada pada kemasan, dapat disimpulkan bahwa kemasan Cokelat Choco Bar Rahmasangat mempertimbangkan pembuatan desain kemasannya dengan tidak meninggalkan fungsi penting dari elemen-elemen tersebut yaitu memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen.


Keywords


visual estetik, desain, kemasan, dan cokelat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v16i2.3587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSNĀ 2580-0264 dan p-ISSNĀ 1411-3023