Efektivitas Penggunaan Infografis Pada Perancangan Buku Profil Universitas (Studi Objek Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

Widyasari ., Aris Sutejo, Adibah Nurul Yunisya

Abstract


Adanya perubahan dan perkembangan positif pada kampus UPN “Veteran” Jatim sudah selayaknya dikemas dalam sebuah media yang dapat menyajikan informasi profil UPN “Veteran” Jatim dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Media tersebut berupa buku profil UPN “Veteran” Jatim yang dirancang dengan menggunakan teknik infografis yakni jenis gambar yang memadukan informasi dengan desain, yang bertujuan untuk berkomunikasi secara singkat dan jelas kepada pembaca.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan langkah-langkah mencari literatur, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data dengan menggunakan tabel TOWS (Threat, Opportunities, Weakness, Strength) matrix untuk menentukan Unique Selling Proposition, menganalisis insight target audiens untuk menyusun solusi kreatif, menganalisis dan menyimpulkan hasil kuesioner untuk mengukur capaian penelitian. Dari hasil analisis TOWS matrix dapat disimpulkan bahwa Unique Selling Proposition yang ditemukan adalah UPN “Veteran” Jatim sebagai Perguruan Tinggi Negeri baru terakreditasi “A” yang konsisten dalam menerapkan karakter Bela Negara pada kegiatan akademik dan non-akademik. Unique Selling Proposition inilah yang menjadi konten pada buku profil UPN “Veteran” Jatim. Sedangkan dari hasil analisis consumer insight dapat disimpulkan bahwa audiens menginginkan penyampaian informasi profil UPN “Veteran” Jatim berupa informasi tekstual yang disertai dengan elemen-elemen visual seperti unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik.

Hasil dari penelitian adalah sebesar 83% (sangat kuat) setuju jika penggunaan infografis berupa unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik pada perancangan buku profil UPN “Veteran” Jatim dapat memiliki tampilan visual yang lebih menarik. Selanjutnya sebesar 83,2% (sangat kuat) setuju jika penggunaan infografis berupa unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik pada perancangan buku profil UPN “Veteran “ Jatim dapat menyajikan informasi menjadi lebih mudah dipahami.


Keywords


grafik, ilustrasi, infografis, pictogram, dan unsur grafis

Full Text:

PDF

References


Lankow, Jason. 2014. Infografis Kecerdasan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Kompas Gramedia.

Amalia E, Maulana. 2009. Consumer Insight via Enthnography. Jakarta: Erlangga.

Daymon, Christine & Holloway, Immy. 2002. Qualitative Research Methods in Public Relations & Marketing Communications. Terjemahan: Cahya Wiratama. Bandung: Mizan Media Utama.

Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kasiram, Mohammad. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Kasilo, Djito. 2002. Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Obed, Wicandra. 2006. Peran Infografis Pada Media Masa Cetak. Infografis Universitas Kristen Petra. Fakultas Seni dan Desain. Surabaya.

Rustan, Surianto. 2009. LAYOUT dasar & penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono, Jonathan & Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Smiciklas, Mark. 2012. The Power of Infographic: Using Pictures to Communicate and connect with your audiences. Que Publishing.

Tinarbuko, Sumbo. 2010. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i2.4683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023