Perancangan Sepatu Wanita Ready to Wear Berbahan Kertas Kraft

Oskar Judianto, Puti Aqila Hapsari

Abstract


Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang digunakan untuk melindungi kaki agar tidak kotor dan juga melindungi kaki agar tidak terluka oleh benda dari luar yang membahayakan.  Dalam  perkembangannya  alas  kaki menjadi salah satu elemen fashion yang berfungsi menunjukan kelas sosial penggunanya. Terdapat 548 juta pengguna alas kaki di Indonesia, sebagaimana dikutip dari data world footwear pada tahun 2014 silam. Komponen penarik minat alas kaki tidak hanya dilihat dari estetika sepatu tersebut, melainkan dilihat pula dari kualitas material yang  digunakan.  Bahan  material  umum  yang  digunakan pada sepatu adalah kayu, plastik, karet, tekstil, dan serat tanaman. Selain itu, dengan maraknya global warming, sampah  nasional  ikut  menyumbang  170  ton/hari  dengan 10% sampah berasal dari kertas. Kertas tidak lagi asing digunakan sebagai material dalam pembuatan produk. Penggunaan material kertas juga dapat dikatakan sebagai bentuk pengembangan produk berkelanjutan (sustainable design) dengan teknologi minim kimia yang mana menyiasati adanya pertumbuhan ramah lingkungan. Oleh karena karakteristik material kertas yang tidak bisa disamakan  dengan  material  kulit  (leather)  atau  fabric, dalam  penelitian  ini  peneliti  menggunakan  metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observatif dan eksperimental dimana penelitian ini bermaksudkan untuk menguji  hipotesis dan berperan secara langsung dalam mengumpulkan data di lapangan dengan mencatat kejadian-kejadian yang ada. Kertas kraft merupakan jenis kertas olahan melalui proses kraft, yang menghasilkan kertas dengan kekuatan yang tahan akan sobekan. Terdapat teknik khusus agar material ini dapat dibentuk menjadi sebuah alas  kaki.  Konsep  desain  yang akan  diterapkan  yakni  clean  minimalist  dengan menampilkan tekstur asli dari kertas dan menggunakan bentuk yang tidak rumit.


Keywords


alas kaki, desain berkelanjutan, dan kertas kraft

Full Text:

PDF

References


Wicaksono, A. (n.d.). Staf Pengajar Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta . Perkembangan Alas Kaki Manusia .

Dhakiri, M. Hanif.2016. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Kulit Dan Alas Kaki Bidang Industri Alas Kaki. Jakarta.

Purnomo, S. T. (n.d.). Widyaiswara PPPPTK Seni dan Budaya Sleman Yogyakarta. Inovasi Produk Sepatu Pantofel .

Suwarni, W. (2015, Februari). Tips Sepatu Wanita .Retrieved Juli 20, 2018, from http://www.tips-sepatu- wanita.com/2015/02/sepatu-wanita-model-dorsay.html.

Asmaulroiqohi. (2010). Komponen Sepatu. In D. A. Basuki, Teknologi Sepatu. Yogyakarta: Akademi Teknologi Kulit.

Kurniasih, Nur Wahidun. 2013. Teknologi Pulp dan Kertas Sulfat (Kraft) Pulping. Fakultas Teknik Kimia Universitas Mulawarman. Samarinda.

Hariwijaya, M. (2017). Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi: Elmatera. Diandra Kreatif.

Daymon, C., & Holloway, I. (2007). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Bentang Pustaka.

Himittshuqalbu. (2011, November 3). Metode Eksperimen Retrieved Agustus 8, 2018, from Eksperimen, Matematika, Materi Kuliah, Metode Pembelajaran: https://himitsuqalbu.wordpress.com/2011/11/03/metode-eksperimen/

Dr. Asfi Manzalati, S. M. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Media.

Dr. J.R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Cikarang: Grasindo.

Hoober, S. (2012, Agustus 28). Seeking a Definition of Clean Design. Retrieved Agustus 13, 2018, from Steven+AlisonHoober:http://shoobe01.blogspot.com/2.012/08/seeking-definition-of-clean-design.html.

Duvall, A. (2017, Juli 28). 10 Golden Rules of Simple, Clean Design . Retrieved Agustus 13, 2018, from Speckyboy: https://speckyboy.com/the-10-golden- rules-of-simple-clean-design/




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i2.4685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023