Prototipe Mesin CNC 3 Axis Sederhana untuk IKM Mainan Edukasi Berbahan Kayu
Abstract
Pembuatan mainan pendidikan (educational toys) puzzle secara manual dimana dalam usahanya untuk mencapai kepresisian bentuk masih menemui banyak kesulitan. Kesulitan yang dialami meliputi pembuatan masih terpisah satu-persatu di tiap bentuknya, bentuk yang satu dengan yang lain yang serupa namun memiliki ukuran yang tidak seragam dan kebutuhan proses produksi yang lebih cepat. Metode yang ditawarkan adalah proses pembuatan dan pemotongan dengan menggunakan mesin CNC dengan sekali proses pengerjaan. Diharapkan dengan menggunakan mesin CNC woodworking kebutuhan dalam pembuatan bentuk mainan yang presisi dapat tercapai dan dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga menambah produktifitas IKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fuadiyah, Nidho. (2013). Upaya Meningkatkan Pengenalan Geometri dengan Permainan Puzzle Bervariasi pada Kelompok B TK Al-Hikmah Randudongkal-Pemalang, Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini, IKIP PGRI Semarang
Home-Douglas, P. (1995). The Art Of Woodworking-Wooden Toys and Crafts.
Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan
Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1).
Kurniawan, S., & Waluyo, B. (2018). Analisis Pengaruh Toolpath Pada Pembuatan Kacamata Kayu Dengan Mesin CNC Milling Router 3 Axis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i2.4686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSNĀ 2580-0264 dan p-ISSNĀ 1411-3023