Analisis Konsistensi Atribut Karakter Desain untuk Menentukan Ciri Khas Sebuah Merek Produk: Studi Kasus pada Sepatu Converse

Bambang Tristiyono, Syahrul Hidayatullah, Syawalrizqi Iqbal Abdurrahim, Sasha Amanda Savhira

Abstract


Pentingnya ciri khas sebuah produk dan merek telah menjadi identitas bisnis yang menarik untuk meningkatkan nilai produk. Situasi tersebut menjadikan persaingan produk semakin kompetitif dalam hal kinerja teknis, fungsi, dan karakter desain, meliputi: bentuk, warna, dan bahan yang dipilih. Hal ini menegaskan bahwa penciptaan bahasa desain yang tepat, telah menjadi strategis dalam persaingan produk yang menjadi perwujudan identitas merek. Desain telah menjadi alat kompetitif yang efektif bagi perusahaan dalam memenangkan persaingan pasar. Tampilan merek dan produk yang khas secara visual telah menjadi faktor penentu dalam memenangkan persaingan berbagai kategori produk. Perusahaan terus mengembangkan produk dengan desain yang tidak hanya tampil menarik tetapi juga mempunyai karakter khusus sebagai cirikhas merek produk, sebagai cerminan nilai-nilai inti produk tersebut. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi isyarat desain, seperti bentuk, tekstur, serta warna yang digunakan oleh konsumen untuk menyimpulkan atribut yang menjadi identitas dan karakter dari suatu merek. Riset ini menggunakan studi kasus pada merek sepatu Converse, karena merupakan produk yang laris dan sudah banyak dikenal masyarakat sejak lama. Metode penelitian mengggunakan kuisioner sebagai alat ukur, yang dibuat secara kualitatif. Kuisioner yang disebarkan secara online, jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 77 responden.


Keywords


Karakter desain, ciri khas, merek

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, Astuti, S. dan Cahyadi, I. G., “Pengaruh

Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri

Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian

Sepeda Motor Honda”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Airlangga-JEBA, 17-2, 2007.

Peter, J. P., & Olson, J. C., “Understanding consumer

behaviour”, Irwin Professional Publishing, 1996.

Aaker, D. A., “Managing Brand Equity: Capitalizing

on the Value of a Brand Name”, New York, 1991.

Karjalainen, T. M., ”It looks like a Toyota: Educational

approaches to designing for visual brand

recognition”, International Journal of Design, 1(1),

Krippendorff, K., “The semantic turn: A new foundation

for design”, CRC Press, 2005.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K.,

“Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal bisnis dan

manajemen, 4(1), 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v1i18.5081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023