Kajian Kesiapan Masyarakat Menerima Penggunaan Teknologi Augmented Reality Studi kasus: Desain Kemasan Oleh-oleh UMKM Khas Jawa Barat

Monica Hartanti, Nina Nurviana

Abstract


Digitalisasi adalah salah satu tanda bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era Industri 4.0. Industri makanan dan minuman merupakan salah satu dari lima industri yang menjadi fokus implementasi Industri 4.0 di Indonesia, termasuk didalamnya adalah makanan oleh-oleh yang diproduksi oleh jutaan UMKM. Makanan oleh-oleh terkait dengan pariwisata dan desain kemasannya dapat menjadi duta budaya untuk menyampaikan identitas kelokalan sebuah daerah tertentu. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mendukung industri 4.0, hal ini juga sesuai dengan Roadmap Making Indonesia 4.0 tahun 2018. Adapun objek studi yang dipakai dalam penelitian ini adalah karya Tugas Akhir Mahasiswa tentang kemasan dodol Stroberi khas Ciwidey-Jawa Barat. Penelitian ini membandingkan desain kemasan yang menggunakan teknologi cetak saja dengan desain kemasan yang dilengkapi teknologi AR. Penelitian menggunakan metode Triangulasi, yang menggabungkan Metode kualitatif dalam bentuk FGD dengan metode kuantitatif dalam bentuk kuesioner sebagai pelengkap. Luaran penelitian ini mengkaji kesiapan masyarakat dalam menerima teknologi AR melalui media desain kemasan.Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa responden menganggap AR adalah teknologi yang masih baru.Di kemudian hari, teknologi AR pada desain kemasan berpotensi sebagai alat promosi dan dapat memuat berbagai informasi, salah satunya adalah sebagai duta budaya.Sebagian besar responden menganggap teknologi AR lebih sesuai untuk anak muda. Kelokalan akan lebih terasa, setelah ditambahkan teknologi AR dalam elemen desain kemasan.


Full Text:

PDF

References


Bisnis Tempo. Bisnis UMKM Diklaim sebagai

Penggerak Ekonomi Terbesar Indonesia. (2017),

diunduh dari

https://bisnis.tempo.co/read/835486/umkm-diklaimsebagai-

penggerak-ekonomi-terbesar

indonesia/full&Paging=Otomatis/10/08/2018.

Chandra, Ardan A., Damarjati D. (2017). Tiga Tahun

Jokowi-JK, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar

Kedua.Diunduh dari https://finance.detik.com/beritaekonomi-

bisnis/d-3687715/tiga-tahun-jokowi-jk-pariwisatasumbang-

devisa-terbesar-kedua/10/08/2018.

Sarjani N.K.P, Cahyadi. 2016. Identitas Budaya Lokal

Pada Desain Kemasan Baline Chocolate, 4 (1), Institut

Seni Indonesia Denpasar. Segara Widya.

Gould, Summer (2014). Can Augmented Reality Add

Value to Print?. Diunduh dari

https://www.targetmarketingmag.com/article/canaugmented-

realityadd-value-print/all/13/08/2018.

Macleod, Ishbel. (2011). Heinz launches augmentedreality

trial for ketchup with Blippar. Diunduh dari

https://www.thedrum.com/news/2011/10/27/heinzlaunches-

ketchup-augmented-reality-trial-blippar.

Hartanti, M., Nurviana, N., (2016). Kajian Visual

Kemasan Masakan Tradisional Instan, studi kasus

kemasan nasi-nasian instan. (belum dipublikasikan).

Diunduh dari http://art.maranatha.edu/resume/monicahartanti/?

lang=en/11 /08/2018.

Wiley, Kendra, (2017), From Your Phone To Your

Home: An Augmented Reality Brand Experience For

High-End Furniture, Thesis, Texas State University,

San Marcos, Texas. Diunduh dari

https://digital.library.txstate.edu/bitstream/handle/1087

/6730/Wiley_Kendra_Thesis.pdf?sequence=1&isAllo

wed=y. 25/07/2018/12.00.

Corbin, Tony. (2018). Novelty of Augmented Reality Packs

Could Wear Off, Warns Off, Warns Global Data. Diunduh

dari

https://www.packagingnews.co.uk/news/markets/active

-intelligent-packaging/globaldata-augmented-realityshort-

term-solution-29-03-2018/13/08/2018.

Sarwono, Jonathan. (2011). Mixed Methods: Cara

Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif

Secara Benar, Jakarta: Elex Media Komputido.

Nugraha, A., (2012). Transforming Tradition: A

Method for Maintaining Tradition in a Craft and

Design Context. Helsinki: Unigrafia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v1i18.5084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSNĀ 2580-0264 dan p-ISSNĀ 1411-3023