Perancangan Kotak Aktivitas ABC Petualang Sebagai Media Bermain dan Perkembangan Dasar Anak Pra-Sekolah
Abstract
Kehadiran gadget seperti tablet, smartphone, komputer dan televisi semakin mempermudah akses informasi, hiburan, serta pendidikan bagi umat manusia.Terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki oleh gadget, terdapat pula dampak buruk dari penggunaan gadget pada anak. Perancangan kotak aktivitas dengan ambience visualyang ada di Indonesia adalah sebuah alternatif media pembelajaran dan permainan bagi anak dimasa keemasannya. Perancangan ini dibuat dengan tujuan membantu anak untuk mengembangkan aspek dan kemampuan dasar seperti kreativitas, bahasa, kognitif dan psikomotorik, serta dapat membantu anak mengenal lingkungan yang ada di Indonesia melalui konten dan tampilan visualnya.
Hasil dari beberapa metode penelitian kemudian diterjemahkan menjadi konsep kotak aktivitas ABC Petualang. Konsep tersebut menghasilkan ilustrasi ambience yang ada di Indonesia serta tiga karakter utama yaitu Acil si kancil, Bao-bao si kerbau dan Cici si kelinci dengan gaya ilustrasi anak digital. Konsep desain dan ilustrasi kemudian diterapkan dengan proses prototyping kotak aktivitaspada seri pulau Sumatera dan Jawa yang berisi masing-masing satu buah buku aktivitas yang menjabarkan isi pulau tersebut disertakan 6 aktivitas yang mendukung aspek-aspek perkembangan dasar anak seperti kreativitas, kognitif, psikomotorik, dan bahasa.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media edukasi dan permainan non-gadget untuk anak usia dini yang menarik dan memiliki tujuan agar anak-anak dapat mengembangkan kemampuan dasarnya serta mengenali lingkungan sekitarnya. Dimasa mendatang, kedepannya diharapkan agar dilakukan penelitian yang berhubungan dengan tema media yang membantu mengembangkan kemampuan dasar anak lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggara, Panji. “Kurangi Gadget, Kenalkan Mainan Tradisional” Metropolis Jawa Pos 31 Januari 2014: 36.
Arntson, Amy. 2011. Graphic Design Basic, Sixth Edition. Wadsworth. Boston
Beaty J. Janice.1994. Observatory Development of Your Child (Third Edition) .
Cliff, Stafford. 1999. 50 Secrets of Great Design Packaging. Rockport
Cohen, Sherm. 2006.Cartooning: Character Design (How to Draw & Paint)
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. aktivitas.2.
Drs. Usep Kustiawan. 2013. Perkembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Gunung Samudera
Nguyen, Angela. 2017. How to Draw Cute Stuff: Draw Anything and Everything in the Cutest Style Ever! Sterling Children's Book
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v1i18.5086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023