Perancangan Desain Tas dengan Pendekatan Strategi Blue Ocean

Devanny Gumulya, Jeny Angreini

Abstract


Desain produk adalah keilmuan yang selalu mencari inovasi dan kebaruan dalam prosesnya. Blue Ocean Strategy (BOS) adalah strategi bisnis mencari pasar baru dengan menawarkan nilai yang berbeda dari kompetitor lainnya. Paper ini menghubungkan kerangka pemikiran BOS dalam proses desain. Empat langkah kunci dari BOS adalah eliminasi, kurangi, tingkatkan dan ciptakan. Langkah-langkah ini di implementasi pada proses pencarian ide untuk perancangan tas. Dari pendekatan BOS, proses desain menjadi lebih terarah, terstruktur dan nilai inovasi dari produk dapat didapatkan dengan cepat. Hasil dari paper ini adalah rancangan desain tas yang inovatif dengan sistem mekanisme yang dapat merubah tas dalam tiga bentuk, sehingga tas dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari juga aktivitas pada akhir pekan.


Keywords


Desain produk, strategi blue ocean, proses desain, tas

Full Text:

PDF

References


Kim, W. Chan, and Renée Mauborgne. 2004. Blue Ocean Strategy. Harvard Business Review 82: 76–84

Warell, A. (2015). Identity references in product design: An approach for inter-relating visual product experience and brand value representation. Procedia Manufacturing, 3, 2118-2125

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2014). Blue ocean strategy, expanded edition: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard business review Press. towards Communicating Strategies", in: Digital Proceedings of Conference on Visualising and Presenting Indicator Systems, Neuchatel, Switzerland, Swiss Federal Statistical Office.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2017). Blue ocean shift: Beyond competing-proven steps to inspire confidence and seize new growth. Hachette UK.

N. Cross, “Engineering Design Methods, Strategies for product design”, Second Edition (John Wiley & Sons Ltd, Baffins Lane, Chichester, West Sussex, PO19, England, 1998)

M. Ashby, K. Johnson, “Materials and design, the art and science of material selection in product design” (Butterworth Heinemann, Oxford, UK, 2007)

H. Christians and A. Bremmer, “Applied ergonomics” , 29, 3, 201-211 (1998)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i1.7009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023