Desain Sepeda Rotan dengan Rekayasa Material Rotan Resin

Arie Kurniawan, Agus Windharto, Nur Ameliyah Rizkiyah

Abstract


Upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan daya saing rotan adalah mengarahkan pengembangan produk rotan pada produk yang menyangkut gaya hidup masyarakat. Salah satu produk yang menjadi konsumsi gaya hidup dan tidak pernah mati adalah sepeda. Rancang bangun dan prototyping sepeda rotan adalah salah satu inovasi dan kontribusi peningkatan daya saing material rotan. Rotan belum diujicoba sebagai struktur sepeda sedangkan utilitas sepeda tergantung pada struktur pembentuk rangka. Permasalahan yang terjadi pada saat menggunakan material rotan sebagai struktur rangka sepeda adalah kekuatannya. Oleh karena itu perlu strategi dalam desain rangka sepeda berbahan rotan. Dalam proses desain rangka sepeda sebagai struktur diperlukan strategi dalam : penentuan geometri sepeda, rekayasa material rotan batang dan sambungan struktur rangka rotan. Metode uji eksperimen material dilakukan dengan uji laboratorium guna mengetahui peningkatan kualitas rotan. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa untuk geometri sepeda disesuaikan dengan utilitasnya, sedangkan strukturnya lebih baik menggunakan struktur tertutup rotan batang. Untuk rekayasa material rotan penggunaan resin infusion terbukti dapat meningkatkan kekuatan batang rotan hingga lima kali lipat. Beberapa bagian dari rangka sepeda tetap menggunakan sambungan metal sebagai pengunci struktur sehingga struktur rotan dapat menjadi kontruksi yang baik pada desain sepeda.


Keywords


Desain sepeda, infus rotan, rangka rotan, struktur rangka

Full Text:

PDF

References


Arie Kurniawan, “Laporan Akhir Inovasi - Desain Sepeda Rotan”, (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2019)

M. Ashby, K. Johnson, “Materials and design, the art and science of material selection in product design” (Butterworth Heinemann, Oxford, UK, 2007)

N. Cross, “Engineering Design Methods, Strategies for product design”, Second Edition (John Wiley & Sons Ltd, Baffins Lane, Chichester, West Sussex, PO19, England, 1998)

H. Christians and A. Bremmer, “Applied ergonomics” , 29, 3, 201-211 (1998)

O. Rachman and Jasni, Rotan Sumberdaya, Sifat Dan Pengolahannya. 2013.

Dudy Wiyancoko, “Desain Sepeda Indonesia” (Jakarta, Kepustakaan Pupuler Gramedia, 2010)

Ahmad Yakub, Djoko W, Anwar Ilmar R, “ Optimasi Desain Rangka Sepeda Berbahan Baku Komposit Berbasis Metode Anova” (Jurnal Teknologi, Universias Muhammadiyah Jakarta, 2016)

Arie Kurniawan, Dudy Wiyancoko, Ruly Darmawan, “Bergaya dengan Sepeda : Kajian Fenomena Sepeda sebagai Salah Satu Alat Gaya Hidup Masyarakat”

(Jurnal Desain Idea, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2013)

Arie Kurniawan, “ Laporan Akhir Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi : Produksi dan Pemasaran Sepeda Rotan” (Kemenristekdikti, CPPBT, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i1.7010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023