Penerapan Konsep Pembelajaran Industri 4.0 pada Pendidikan Dasar Desain

Jhon Viter Marpaung

Abstract


Pada umumnya semua sarana pendukung media pembelajaran diciptakan untuk memberikan kemajuan dan kemudahan, hal itu dibuktikan dengan adanya inovasi dibidang pendidikan dasar desain khususnya. Menerapkan unsur tehnik traditional sketch media pensil dan kertas adalah sesuatu yang mendasar dan harus dikuasai oleh setiap siswa, hal ini sangat penting dikarenakan bersifat fundamental/mendasar yang diterima oleh setiap siswa. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran keilmuan dasar desain sangat berkembang dan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi digital. Desain menjadi sangat aplikatif ketika berdampingan dengan teknologi, menciptakan suatu bentuk atau rancangan yang sangat luas dan tidak terbatas. Hal ini sangat penting karna untuk menjawab kebutuhan akan kemajuan jaman yang semakin canggih dan praktis, di era industri 4.0 ini dituntut untuk terus ber inovasi didalam media pendidikan dasar pembelajaran kedalam media digital yang lebih praktis dan efisien didukung oleh aplikasi dan hardware untuk menjawab kebutuhan industri dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dalam industri dan global. Pentingnya penerapan IPTEK kedalam pendidikan dasar desain untuk terus dikembangkan melalui penerapan metode dan teknik yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan Pendidikan Dasar Desain

Keywords


Pendidikan dasar desain, Media digital, digital sketch, industri 4.0.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS (Bandung: Citra Umbara. 2006), 72

Adib, Mohammad. (2011). Filsafat ilmu: onto-logi, epistemologi, aksiologi, dan logika ilmu pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aziz A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies. Akademi Pengajian Bahasa, Universiti Teknologi MARA (UiTM) Diakses 13 Agustus 2019

Bachtiar, Amsal. (2012). Filsafat ilmu edisi revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buhal. (2000). Visi Iptek memasuki milenium III. Jakarta: UI Press.

Daymon, C., & Holloway, I. (2007). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Bentang Pustaka.

Diwan, P. (2017). Is Education 4.0 an imperative for success of 4th Industrial Revolution?

Dr. Asfi Manzalati, S. M. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Media.

Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu sosial & budaya dasar. Yogyakarta: UNY Press

Echnical Education and Skills Development Authority. 2016. Technological Change is Coming: The Fourth Industrial Revolution.

Eka I Putu, Elis K, Ika L, Sukrata I K. Rani G. (2017). Peran Teknologi dan Media dalam Belajar. Media desiminasi tugas mahasiswa Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Hariwijaya, M. (2017). Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi: Elmatera. Diandra Kreatif

Himittshuqalbu. (2011, November 3). Metode Eksperimen Retrieved Agustus 8, 2018, from Eksperimen, Matematika, Materi Kuliah, Metode Pembelajaran.

Martono, Nanang. (2012). Sosiologi perubahan sosial: perspektif klasik, modern, postmodern, dan postkolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i1.7011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSNĀ 2580-0264 dan p-ISSNĀ 1411-3023