Perancangan Tableware dengan Material Olahan Bonggol Jagung

Zahra Annisa Evrianda, Dedy Ismail

Abstract


Material olahan bonggol jagung berbentuk balok memiliki karakteristik yang dapat dijadikan potensi sebagai bahan baku non-konvensional untuk pembuatan produk fungsional. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui potensi lebih lanjut dari modul bonggol jagung berbentuk balok yang dapat diterapkan sebagai fungsi dari tableware. Adapun cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan menerapkan beberapa teknik yang dapat mengekspos modul olahan bonggol jagung, sehingga nantinya menghasilkan gagasan yang dapat dimanfaatkan, terutama dari segi unsur visual berupa pemanfaatan tekstur pada modul bonggol jagung, sehingga menjadi suatu kebaruan untuk rancangan produk fungsional. Adapun produk yang diusungkan untuk penggunaan material olahan bonggol jagung adalah tableware. Hasil dari penelitian ini adalah munculnya gagasan terkait pemanfaatan unsur visual berupa tekstur modul dengan penerapan teknik yang berbeda yang dapat menjadi kebaruan yang tepat untuk diterapkan pada perancangan tableware.


Keywords


material olahan, bonggol jagung, tableware, tekstur

Full Text:

PDF

References


N. Cross, “Engineering Design Methods, Strategies for product design”, Second Edition (John Wiley & Sons Ltd, Baffins Lane, Chichester, West Sussex, PO19, England, 1998)

M. Ashby, K. Johnson, “Materials and design, the art and science of material selection in product design” (Butterworth Heinemann, Oxford, UK, 2007)

H. Christians and A. Bremmer, “Applied ergonomics” , 29, 3, 201-211 (1998)

Masri, Andry. 2015. “Eksplorasi Material Bonggol Jagung untuk Mendapatkan Nilai Kebaruan.” Program Doktoral, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia.

Ismail, Dedy. 2011. “Eksplorasi material bonggol jagung untuk produk fungsional studi kasus wadah buah.” Jurnal Rekayasa Institut Teknologi Nasional 3.

Ismail, Dedy. 2011. “Uji Fisik Bonggol Jagung Olahan sebagai Alternatif Bahan Baku dalam Konsep Produk Fungsional.” Jurnal Rekayasa Institut Teknologi Nasional 3.

Wahmuda, Faza. 2015. “Pengembangan Desain Produk dari Tongkol Jagung Berbasis Industri Kreatif.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III Institut Adhi Tama Surabaya.

Wahmuda, Faza, dan Anastasia Wangge. 2014. “Alternatif Desain Produk dari Sampah Tongkol Jagung Dilihat dari Jenis Tongkolnya (Dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Lingkungan).” ITATS - Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan 7




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i1.7012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023