Perancangan Desain Motif Baju sebagai Penunjang Identitas Tradisi Malam Selawe di Gresik

Nur Adilah Luthfiyyatur Rohmah, Putri Dwitasari, Didit Prasetyo

Abstract


Tradisi Malam Selawe merupakan kegiatan mencari berkah yang rutin diadakan setiap tahun pada akhir bulan Ramadhan. Tetapi dari beberapa masyarakat, khususnya para remaja Gresik sendiri masih kurang memahami dan menyalahartikan makna dari tradisi itu diadakan. Sehingga dalam kegiatan Tradisi Malam Selawe membutuhkan media yang dapat digunakan sebagai media pengenalan sejarah dan budaya dalam bentuk merchandise berupa desain motif baju. Perancangan desain merchandise ini menggunakan beberapa metode yaitu, observasi, analisis segmentasi dan depth interview. Metode perancangannya dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan analisis data, selanjutnya membuat konsep visual desain melalui sketsa digital dengan membuat tiga desain motif yang saling berhubungan. Desain motif yang dibuat diadaptasi dari elemen-elemen yang ada dalam Tradisi Malam Selawe mencakup sejarah, makna, kebudayaan, dan aktifitas masyarakat sekitar untuk diwujudkan menjadi identitas visual Tradisi Malam Selawe. Tujuan perancangan ini adalah untuk membuat desain merchandise Tradisi Malam Selawe sebagai media pengenalan sejarah dan budaya bagi masyarakat yang mengikuti kegiatan.

Malam Selawe tradition is a blessing-seeking activity that is routinely held every year at the end of the month of Ramadan. However, some people, especially the Gresik teenagers themselves still do not understand and misinterpret the meaning of the tradition being held. So that in the Malam Selawe tradition, it requires media that can be used as a medium for introducing history and culture in the form of merchandise in the form of clothing motif designs. The design of this merchandise design uses several methods, namely, observation, segmentation analysis and depth interviews. The design method starts from the data collection stage, performs data analysis, then creates a visual design concept through digital sketches by making three interconnected motif designs. The motif designs that are made are adapted from elements that exist in the Malam Selawe tradition, including history, meaning, culture, and activities of the surrounding community to be transformed into a visual identity of the Selawe Night Tradition. The purpose of this design is to design Malam Selawe Tradition merchandise as a medium for introducing history and culture to the people who participate in the activity. 


Keywords


desain motif, identitas, malam selawe, merchandise, tradisi

Full Text:

PDF PDF

References


Amin, M.Q. (2020). Perancangan Destination Branding Wisata Religi Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, Intitut Seni Indonesia Yogyakarta).

Wati, R.P.R. (2019). Promosi Wisata Religi (Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Wisata Religi Makam Siti Fatimah Binti Maimun Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga)

Santosa, B., Antariksa, A., & Wulandari, L. D. (2014). Dinamika Ruang Wisata Religi Makam Sunan Giri Di Kabupaten Gresik. EL HARAKAH Jurnal Budaya Islam, 16(2), 174-202.

Chambert-Loir, Henri dan Claude Guillot, Ziarah dan Wali di Dunia Islam, Jakarta: Serambi Ilmu,2007.

Elmaningtias, P. (2017). Kontribusi Wisata Religi Sunan Giri Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Gresik Tahun 2009-2015. Avatara, 5(3).

Nor Hasanah, I. Beribadah Pada Malam Lailatul Qadr Beribadah Pada Malam Lailatul Qadr. Retrieved 10 December 2020, from

Rahmawati, P. (2018) Malam Selawe Tradisi Ramadhan Warga Gresik Dan Pergeseran Maknanya.

GILANG, W. L. (2011). PERANCANGAN VISUAL BUKU WISATA RELIGI ISLAM GRESIK (Doctoral dissertation, UPN" veteran" Jawa Timur).

Tama, A. K. W., Novena, M. D., & Lestari, S. Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi. Journal Sensi, 3(1), 92-104.

Christian, J. A., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (2018). Perancangan media komunikasi visual destination branding kampung lawas maspati Kota Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 11.

NUR HAKIKI, R. A. H. M. A., & DWIYANTI, S. (2020). Upaya Menarik Minat Wisatawan Religi terhadap Tata Rias Pengantin Giri Sekar Kedaton Gresik. Jurnal Tata Rias, 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v20i1.9331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023