Perbandingan Analisis Numerik Dan Analitikal Kekakuan Elastik Lateral Pada Jembatan Rangka Terbuka Dengan Menggunakan Program Abaqus

Moh. Fadhlan Rosyidi, Hidajat Sugihardjo, Budi Suswanto, Ahmad Basshofi Habieb

Abstract


Bresing tranversal merupakan elemen yang berpengaruh terhadap stabilitas lateral batang tekan. Seperti pada jembatan rangka terbuka, tidak adanya pengikat transversal mengurangi stabilitas lateral dan batang tekan rentan terhadap tekuk. Tekuk akan menyebabkan kerusakan pada seluruh jembatan. Oleh karena itu, kekangan elastis yang diberikan oleh elemen vertikal dan balok lantai sangat penting untuk stabilitas lateral jembatan rangka terbuka. Penelitian ini membahas tentang analisis numerik model 2D wire dan modifikasi numerik model 3D solid dengan menggunakan program bantu Abaqus. Kemudian hasil analisis dibandingkan dengan Analitikal menggunakan Formula Engesser dan studi terdahulu yang dilakukan oleh Matthies (2012). Kekakuan elastik lateral yang dihasilkan oleh model 2D wire adalah 6.4675 kip/in dengan selisih masing-masing sebesar 2.179% antara numerik dengan analitikal dan sebesar 1.677% dengan studi terdahulu. Kekakuan elastik lateral yang dihasilkan oleh model 3D solid adalah 6.614 kip/in dengan selisih masing-masing sebesar 0.030% antara numerik dengan analitikal dan sebesar 0.575% dengan studi terdahulu. Model modifikasi numerik dengan 3D Solid selanjutnya akan digunakan sebagai acuan pemodelan pada penelitian lanjutan yaitu modifikasi penampang jembatan terbuka yang memudahkan aksesibilitas pengguna.

Keywords


stabilitas jembatan, tekuk, kekakuan elastik lateral, Abaqus

Full Text:

PDF

References


American Association of State Highway and Transportation Officials, AASHTO LRFD Bridge Design Specifications 8th edition, 8 ed., Washington, DC: American Association of State Highway and Transportation Officials, 2017.

P. Csagoly and B. Bakht, “Lateral Buckling of Pony Truss Bridges,” Ontario Ministry of Transportation and Communications, Research Rept. 199., Ontario, 1975.

W. Lin and T. Yoda, “Truss Bridges,” in Bridge Engineering, Mattew Deans, 2017, pp. 137-153.

Q.-J. Wen. and Z.-X. Yue, “Elastic buckling property of the upper chords in aluminum half-through truss bridges,” Structures, vol. 27, no. 27, pp. 1919-2929, 2020.

S. M. R. Horne, “The Elastic Lateral Stability of Trusses,” The Structural Engineer, pp. 147-155, 1960.

D. Matthies, “Lateral Buckling Analysis of a Steel Pony Truss,” Iowa State University of Science and Technology, Ames, IA, 2012.

F. Bleich, Buckling Strength of Metal Structures, New York: McGraw-Hill Book Company, Inc, 1952.

R. D. Ziemian, Guide to Stability Design Criteria for Metal Structures, 6th ed., New Jersey: John Wiley & Sons, 2010.

T. V. Galambos and A. E. Surovek, Structural Stability of Steel: Concepts and Applications for Structural Engineers, New Jersey: John Wiley & Sons, 2008.

American Institute of Steel Construction, Specification for Structural Steel Buildings, 2016 ed., Chicago: American National Standards Institute, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i1.11974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats