Analisis Biaya Kecelakaan Lalu Lintas Pengguna Kendaraan Pribadi di Kota Semarang

Wahyu Satyaning Budhi, Ahmad Utanaka

Abstract


Pada tahun 2019 di Kota Semrang ada sebanyak 1.365 jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas. Kendaraan yang layak untuk digunakan menjadi salah satu tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Sehingga perlu untuk mengetahui jumlah biaya yang disediakan agar sebuah kendaraan layak untuk digunakan dan dapat mengurangi probabilitas kecelakaan menggunakan metode willingness-to-pay (WTP). Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas Kota Semarang. Data primer berupa hasil pengisian kuesioner oleh responden. Analisis dibagi menjadi analisis regresi logit biner dan analisis biaya WTP. Dari 4 model persamaan, dapat diinterpretasikan bahwa setiap penambahan umur maka akan meningkatkan probabilitas pengurangan risiko kecelakaan, setiap penambahan pemasukan dan jumlah anak maka akan mengurangi probabilitas pengurangan risiko kecelakaan lalu lintas. Biaya kecelakaan lalu lintas WTP untuk luka berat adalah sebesar Rp119.842.000,00 dan Rp11.902.000,00 untuk luka ringan.

Keywords


Kecelakaan lalu lintas, Kota Semarang, Willingness-to-pay

Full Text:

PDF

References


W. S. Budhi and H. Widyastuti, “Prediksi Tingkat Pelayanan Jalan Rel Akibat Pembangunan Double Track,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 18, no. 2, pp. 223–230, 2020, doi: 10.12962/j2579-891X.v18i2.7034.

H. Widyastuti and W. S. Budhi, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Jalan Dan Kecepatan Kendaraan Pada Ruas Jalan Di Kota Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 19, no. 2, pp. 99–106, 2021.

Herawati, “Karakteristik Dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Indonesia Tahun 2012,” War. Penelit. Perhub., vol. 26, no. 3, p. 133, 2014, doi: 10.25104/¬warlit.v26i3.875.

Machsus, I. Prayogo, Chomaedhi, D. W. Hayati, and A. Utanaka, “Road safety analysis on Achmad Yani frontage road Surabaya,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2017, vol. 267, no. 1, pp. 1–11. doi: 10.1088/1757-899X/267/1/¬012027.

BPS Kota Semarang, “Kota Semarang Dalam Angka 2020.” Badan Pusat Statistik Kota Semarang, Semarang, 2020.

M. N. Sholeh, R. F. Al Firdaus, D. S. Adiputra, and S. L. Hidayati, “Semarang Integrated Boat Rapid Transit : Kajian Penerapan Transportasi Sungai di Kota Semarang,” Rekayasa Sipil, vol. 13, no. 3, pp. 153–158, 2019, doi: 10.21776/ub.rekayasasipil.-2019.013.03.1.

M. Machsus, R. Basuki, and A. F. Mawardi, “Generalized additive models for estimating motorcycle collisions on collector roads,” in Procedia Engineering, 2015, vol. 125, pp. 411–416. doi: 10.1016/j.proeng.2015.11.105.

H. Widyastuti and A. Utanaka, “Valuing subjective cost of motorcyclists used willingness-to-pay in Surabaya,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 930, p. 012067, Nov. 2020, doi: 10.1088/1757-899X/930/1/012067.

N. Rahmawati and A. Widyanti, “Comparison between motorcyclist’ violation behavior and accidents in urban and rural area in Indonesia: A comparative study,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2017, vol. 277, no. 1, p. 012026. doi: 10.1088/1757-899X/277/1/-012026.

H. Widyastuti and C. Mulley, “The casualty cost of slight motorcycle injury in Surabaya, Indonesia,” Transp. Commun. Bull. Asia Pacific, no. 74, pp. 57–73, 2005, [Online]. Available: http://www. unescap. org/sites/default/files/bulletin74_Article-4.pdf

Y. Li et al., “Motorcycle accidents in China,” Chinese J. Traumatol. - English Ed., vol. 11, no. 4, pp. 243–246, 2008, doi: 10.1016/S1008-1275(08) 60050-4.

M. G. Mccarthy, L. K. Walter, R. Hutchins, R. Tong, and M. Keigan, Comparative Analysis Of Motorcycle Accident Data From OTS and MAIDS, vol. 272, no. 8. TRL Limited, 2017.

Machsus, H. Sulistio, A. Wicaksono, and L. Djakfar, “The Effect of Access Points on Motorcycle Accident Rates on Surabaya Arterial Roads,” Aust. J. Basic Appl. Sci. Aust. J. Basic Appl. Sci, vol. 8, no. 810, pp. 38–43, 2014, [Online]. Available: www.ajbasweb.com

Machsus, H. Sulistio, A. Wicaksono, and L. Djakfar, “The Prediction Models of Motorcycle Accidents on Surabaya Arterial Roads Using Generalized Linear Models,” Middle-East J. Sci. Res., vol. 18, no. 12, pp. 1859–1866, 2013, doi: 10.5829/idosi.mejsr.2013. 18.12.21519.

U. Enggarsasi and N. K. Sa’diyah, “Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas,” Perspektif, vol. 22, no. 3, p. 228, 2017, doi: 10.30742/perspektif.v22i3.632.

Š. Liščák, L. Moravčík, and M. Jaśkiewicz, “Safety Requirements for Road Vehicles,” Zesz. Nauk. / Akad. Morska w Szczecinie, vol. nr 39 (111, no. 4, pp. 49–59, 2014.

H. Widyastuti, D. Dissanayake, and M. Bell, “Value of Slight Injury Reduction ( Case Study : Surabaya - Indonesia ),” in Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.8, 2011, 2011, vol. 8, pp. 1–17.

M. Ben-Akiva and S. R. Lerman, Discrete Choice Analysis (Theory and Application to Travel Demand). Massachusetts-London, England: The MIT Press-Cambridge, 1985.

C. Ghee, D. Silcock, A. Astrop, and G. Jacobs, “Socio-economic aspects of road accidents in developing countries,” Crowthorne, 1997.

B. R. Silcock and Transport Research Laboratory, “Guidelines for Estimating the Cost of Road Crashes in Developing Countries,” 2003. doi: Project R7780.

Transport Research Laboratory, Costing Road Accidents in Developing Countries Overseas. Crowthorne, Berkshire, United Kingdom: Overseas Centre Transport Research Laboratory, 1995.

H. Widyastuti and C. Mulley, “Evaluation of Casualty Cost of Motorcyclist’S Slight Injury in Indonesia,” J. East. Asia Soc. Transp. Stud., vol. 6, pp. 3497–3507, 2005, doi: 10.11175/easts.6.3497.

A. Utanaka and H. Widyastuti, “Traffic Accident Cost Analysis Using Willingness-to-pay Method in Surabaya,” in Advances in Engineering Research, 2019, vol. 186, no. Apte 2018, pp. 103–106.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.13152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats