Analisis Polusi CO Menggunakan Metode MARNI Model (Studi Kasus Jl Ir. H. Juanda Bandung)

Maulina Indah Harvianti, Ervina Ahyudanari

Abstract


Kebutuhan dalam menurunkan tingkat emisi di sektor transportasi merupakan target yang ditetapkan dalam kesepakatan pemimpin dunia dan dituangkan dalam Paris Agreement.  Jl. Ir. H. Juanda, Bandung, Indonesia menjadi jalan yang dipilih sebagai lokasi studi terkait banyaknya pusat-pusat kegiatan di sepanjang jalan dan di area tersebut. Jl. Ir. H. Juanda juga merupakan jalan yang menanjak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perkiraan nilai emisi yang dihasilkan oleh kendaraan pada Jl. Ir. H. Juanda.  Metode yang digunakan adalah MARNI Model. Pada metode MARNI Model dilakukan analisis arus lalu lintas heterogen menggunakan variable volume, kecepatan, dan kepadatan kendaraan yang kemudian dilakukan pemodelan pola siklus mengemudi. Hasil dari analisis tersebut kemudian didapatkan prediksi emisi kendaraan bergerak untuk masing-masing waktu puncak. Didapatkan total kuantitas emisi CO pada waktu puncak pagi sebesar 1.07 kg, untuk waktu puncak siang sebesar 1.24 kg, dan waktu puncak sore sebesar 1.22 kg

 


Keywords


transportasi, emisi kendaraan, MARNI Model, emisi CO

Full Text:

PDF

References


O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. 2000.

J. Xu, Y. Dong, and M. Yan, “A model for estimating passenger-car carbon emissions that accounts for uphill, downhill and flat roads,” Sustainability (Switzerland), vol. 12, no. 5, 2020, doi: 10.3390/su12052028.

K. Boriboonsomsin and M. Barth, “Impacts of road grade on fuel consumption and carbon dioxide emissions evidenced by use of advanced navigation systems,” Transportation Research Record, no. 2139, pp. 21–30, 2009, doi: 10.3141/2139-03.

S. H. Aly, Emisi Transportasi: Kuantitas Emisi Berdasarkan Marni Model. 2015.

A. Gebisa, G. Gebresenbet, R. Gopal, and R. B. Nallamothu, “Driving Cycles for Estimating Vehicle Emission Levels and Energy Consumption,” Future Transportation, vol. 1, no. 3, pp. 615–638, Nov. 2021, doi: 10.3390/futuretransp1030033.

R. K. Pachauri, Leo. Mayer, and Intergovernmental Panel on Climate Change, Climate change 2014 : synthesis report. 2014.

I. Manisalidis, E. Stavropoulou, A. Stavropoulos, and E. Bezirtzoglou, “Environmental and Health Impacts of Air Pollution: A Review,” Frontiers in Public Health, vol. 8. Frontiers Media S.A., Feb. 20, 2020. doi: 10.3389/fpubh.2020.00014.

F. Jansen, S. L. Sengkey, and Steenie Wallah, “Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro,” Jurnal Ilmiah MEDIA ENGINEERING, vol. 1, no. 2, pp. 119–126, 2011.

United States Environmental Protection Agency (EPA), “Report on the Environment,” 2018. [Online]. Available: https://www.epa.gov/sites/production/files/2018-07/documents/nei2014v2_tsd_05jul2018.pdf

Topacoglu H, Katsakoglou S, and Ipekci A, “Effect of exhaust emissions on carbon monoxide levels in employees working at indoor car wash facilities,” 2014. [Online]. Available: http://emedicine.med-

N. G. Safana, Y. Astor, and F. Yulistiani, “Correlation Model of Horizontal Geometric and Road Grade on CO 2 and PM 2.5 Vehicle Emission In Bandung City ,” vol. 198, no. Issat, pp. 239–245, 2020, doi: 10.2991/aer.k.201221.041.

Y. Dong, J. Xu, X. Liu, C. Gao, H. Ru, and Z. Duan, “Carbon Emissions and Expressway Traffic Flow Patterns in China,” no. X, 2019.

I. Suprayogi, Trimaijon, and Mahyudin, “Model Prediksi Liku Kalibrasi Menggunakan Pendekatan Jaringan Saraf Tiruan (JST) (Studi Kasus: Sub DAS Siak Hulu),” 2014. [Online]. Available: http://ce.unri.ac.id

H. Budiman, “Analisis dan Perbandingan Akurasi Model Prediksi Rentet Waktu Support Vector Machines dengan Support Vector Machines Particle Swarm Optimization untuk Arus Lalu Lintas Jangka Pendek,” 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.13675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats