Faktor Hambatan Dalam Penerapan Green Public Procurement Pada Konstruksi Jalan Di Bali

Ni Made Karitna, Mohammad Arif Rohman

Abstract


Dalam konteks pembangunan infrastruktur jalan, ada kebutuhan untuk menyadari bahwa proyek konstruksi memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah berkelanjutan dalam proyek konstruksi, termasuk penerapan Green Public Procurement (GPP). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penghambat dalam menerapkan GPP, terutama dalam konteks konstruksi jalan di Bali, dengan memperhatikan kesenjangan dalam literatur yang ada. Penelitian ini menggunakan metode ISM (Interpretative Structural Modelling) untuk analisisnya. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa sub-faktor dari mulai level I sampai dengan VIII saling berhubungan satu sama lain dan tidak terpisahkan sehingga hal ini mempengaruhi penerapan serta hambatan GPP pada konstruksi jalan di Bali. Strategi yang dapat dilakukan adalah yaitu membenahi segala hambatan yang dialami mulai dari level terbawah sehingga akan berdampak pada level yang lebih tinggi.


Keywords


Green Public Procurement, Interpretative Structural Modelling (ISM), Hambatan, Pembangunan Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Anggaran, 2016, Tersedia pada:http://www.anggaran-old.kemenkeu.go.id/dja/edef-konten view.asp?id=1148

Kementerian PUPR, Perencanaan Pengembangan Infrastruktur Dalam Konteks Pengembangan Wilayah Strategis. Bandung: Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman, Dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah., 2017.

S. H. Lubis, - Nurhayati, dan H. Herawati, “Kajian Infrastruktur Perdesaan Di Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak,” J. Tek. Sipil, vol. 17, no. 2, 2017.

N. Susanto, “Pembangunan Jalan Tol Perlu Memperhatikan Aspek Lingkungan,” 2019.

N. Hardiani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Green Procurement dalam Proses Pengadaan Material Konstruksi di Indonesia,” Tesis, 2016.

H. Ansari dan M. I. Tahir, Green Public Procurement dalam Pembangunan Berkelanjutan, no. 9. Jakarta: Epigraf Komunikata Prima, 2023.

Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, “Green Public Procurement Guna Mendukung Pembangunan Infrastruktur Yang Beradab Dan Ramah Lingkungan,” Bul. Konstr., hal. 1–32, 2019.

S. N. Sukardi dan M. Abduh, “Indonesian contractors’ practices towards sustainable procurement principles for green building projects,” MATEC Web Conf., vol. 270, 2019.

S. B. Wicaksono, “Penerapan Pengadaan Berbasis Lingkungan Hijau pada Pekerjaan Konstruksi Jalan dengan AHP Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Tesis, 2022.

I. G. A. A. Putera, “Kajian penerapan sustainable public procurement di bali,” Konf. Nas. Tek. Sipil, 2016.

A. Mojumder, A. Singh, A. Kumar, dan Y. Liu, “Mitigating the barriers to green procurement adoption: An exploratory study of the Indian construction industry,” J. Clean. Prod., vol. 372, no. August, hal. 133505, 2022.

S. Mustofa, “Studi Kesiapan dan Hambatan Penerapan Green Road Construction Di Provinsi Sumatera Barat,” Tesis, 2017.

A. A. D. P. Dewi dan G. A. Diputra, “Analisis Kendala Dalam Penerapan Green Construction dan Strategi Untuk Mengatasinya,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., hal. 1–69, 2015.

K. Ahsan dan S. Rahman, “Green public procurement implementation challenges in Australian public healthcare sector,” J. Clean. Prod., vol. 152, hal. 181–197, 2017.

A. Burja, “Using Green Public Procurement (GPP) for sustainable consumption and production,” J. Eur. Environ. Plan. Law, vol. 6, no. 3, hal. 319–338, 2009.

M. Wijayasundara, M. Polonsky, W. Noel, dan A. Vocino, “Green procurement for a circular economy: What influences purchasing of products with recycled material and recovered content by public sector organisations?,” J. Clean. Prod., vol. 377, no. September, hal. 133917, 2022.

T. O. Akenroye, A. S. Oyegoke, dan A. B. Eyo, “Development of a framework for the implementation of green public procurement in Nigeria,” Int. J. Procure. Manag., vol. 6, no. 1, hal. 1–23, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v22i1.19830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats