Penilaian Kondisi Bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang

Rati Septiani, Fepy Supriani, Lindung Zalbuin Mase, Hardiansyah Hardiansyah, Rena Misliniyati

Abstract


Abstract

School buildings are an important tool to improve the quality of education, including junior secondary schools. Efforts to improve the quality of school buildings in Ujan Mas Subdistrict, Kepahiang Regency require identification of the physical condition of school buildings. The research conducted aims to identify the condition of the building, assess the level of damage and percentage of damage to the building elements of Junior High School buildings located in Ujan Mas District, Kepahiang Regency. The method used in this research is the weighting method by analyzing the level of damage to the building elements of the Junior High School building. The results showed that the damage condition at SMP N 1 Ujan Mas was 44.57% in the category of severe damage, SMP N 2 Ujan Mas was 42.11% in the category of moderate damage and SMP N 3 Ujan Mas was 30.07% in the category of moderate damage.


Abstrak

Bangunan gedung sekolah adalah sarana penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Upaya meningkatkan kualitas bangunan gedung sekolah di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang diperlukan identifikasi kondisi fisik terhadap bangunan gedung sekolah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi bangunan, menilai tingkat kerusakan dan mempresentasekan kerusakan pada elemen bangunan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembobotan dengan menganalisis tingkat kerusakan pada elemen bangunan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kerusakan pada SMP N 1 Ujan Mas sebesar 44,57% kategori rusak berat, SMP N 2 Ujan Mas sebesar 42,11% kategori rusak sedang dan SMP N 3 Ujan Mas sebesar 30,07% kategori rusak sedang.


Keywords


Building Condition, Level of Damage, Junior High School Building

Full Text:

PDF

References


A. M. Rizki and N. Marina, “Klasifikasi Kerusakan Bangunan Sekolah Menggunakan Metode Convolutional Neural Network dengan Pre-Trained Model Vgg-16,” J. Ilm. Teknol. Dan Rekayasa, Vol. 24, No. 3, Pp. 197–206, 2019.

Zulfadli, M. Hasan and T. Saidi., “Prioritas Penanganan Rehabilitasi Renovasi dan Penilaian Kondisi Sarana Prasarana Sekolah dan Madrasah Di Kabupaten Aceh Besar,” Vol. 5, No. 3, Pp. 247–256, 2022.

A. S. Ariyanto, “Analisis Jenis Kerusakan Pada Bangunan Gedung Bertingkat (Studi Kasus Pada Gedung Apartemen dan Hotel Candiland Semarang),” Bangun Rekaprima, Vol. 6, No. 1, P. 45, 2020.

I. Ismanto, H. Harimurti, and Y. Zaika, “Penentuan Prioritas Kegiatan Perawatan Bangunan Gedung Sekolah Negeri Di Kota Blitar,” Rekayasa Sipil, Vol. 11, No. 3, Pp. 236–244, 2017.

Wahyudi, F. Lubis, and W. Apriani, “Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Asrama Atlit Sport Centre Rumbai,” J. Tek., Vol. 15, No. 2, Pp. 166–173, 2021.

B. Mulyadi, “Prosedur Penentuan Prioritas Pemeliharaan Gedung Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Balangan,” J. Teknol. Berkelanjutan, Vol. 8, No. 01, Pp. 19–23, 2019.

K. Batvian and S. R. Manullang, “Pengelompokkan Jenis Kerusakan Bangunan Sd Inpres 22 Kabupaten Sorong,” J. Simetrik, Vol. 12, No. 1, Pp. 531–536, 2022.

W. E. Nanda, A. Ratnaningsih, and D. Nurtanto, “Evaluasi Tingkat Kerusakan dan Perencanaan Estimasi Biaya Perbaikan Bangunan Guna Sustainability Gedung Di Universitas Jember (Studi Kasus : Gedung 1 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip)),” Berk. Sainstek, Vol. 8, No. 2, P. 52, 2020.

H. Wiyanto and A. Yesaya, “Penentuan Nilai Kondisi Bangunan Gedung Berdasarkan Metode Matriks Condition Survey Protocol 1 (Csp 1),” Jmts J. Mitra Tek. Sipil, Vol. 5, No. 3, Pp. 653–660, 2022.

P. Wicaksono and Rizka Novembrianto, “Penilaian Kondisi Bangunan Pada Salah Satu Gedung Perkantoran Jakarta Dalam Pengambilan Keputusan aan Pengaruh Keselamatan Para Pekerja,” Insologi J. Sains Dan Teknol., Vol. 2, No. 1, Pp. 43–51, 2023.

S. Susan Mega Watty, Riyanny Pratiwi, “Dan Biaya Renovasi Bangunan Lama Universitas Tanjungpura Pontianak,” Pp. 1–10, 2016.

P. Parmo, M. H. Sucipto, and S. Sumarkan, “Penilaian Kondisi Bangunan Gedung Sekolah Dasar Negeri Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Madiun,” Emara Indones. J. Archit., Vol. 2, No. 1, P. 42, 2016.

Kempa Meidy, “Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Maluku,” Rapat Koord. Dapodik, No. April, Pp. 198–203, 2018.

P. Hamdi, “Penilaian Kondisi Bangunan Sekolah Pasca Gempa Bumi (Studi Kasus Padang Pariaman, Sumatera Barat) Hamdi 1 ), Sudarmadji 2 ),” Pilar J. Tek. Sipil, Vol. 10, No. 1, Pp. 69–77, 2014.

H. O. Frista, H. Suyoso, and N. Nuring, “Analisis Tingkat Kerusakan dan Estimasi Biaya Pemeliharaan bangunan Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Jember,” J. Teor. Dan Terap. Bid. Rekayasa Keteknisipilan Dan Lingkung., Vol. 4, No. 1, Pp. 22–30, 2020.

“Metode Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah”

“Buku Panduan Identifikasi Dan Verifikasi Kerusakan Kemendikbud RI Tahun 2015”

A. M. Ali, F. A. Sangadji and M. Kempa, “Analisis Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Rusunawa Iain Ambon, ” Jurnal Sipil Kokoh, Vol. 22, No. 1, Pp. 1–14, 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v22i4.21478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats