Deteksi Kerusakan dan Penempatan Sensor Percepatan Berbasis Respons Dinamis Struktur: Kasus Jembatan KA Porong, Sidoarjo

Tri Susanto, Agung Budipriyanto

Abstract


Tidak sedikit jembatan rangka baja di Indonesia yang dibangun beberapa puluh tahun lalu. Agar struktur jembatan tersebut tetap dalam kondisi layan, maka monitoring struktur secara periodik sangat diperlukan sehingga keruntuhan struktur jembatan dapat dihindari. Makalah ini menyajikan hasil studi deteksi kerusakan struktur jembatan rangka baja kereta api. Jembatan terletak di Porong, Sidoarjo dan dibangun sejak era kolonial Belanda. Metode deteksi kerusakan struktur berbasis getaran diaplikasikan untuk mengidentifikasi kerusakan yang disimulasikan. Untuk memperoleh karakteristik dinamisnya akibat beban kereta yang lewat, struktur tersebut dimodelkan secara numerik dengan perangkat lunak komputer. Struktur tersebut dimodelkan baik dalam kondisi utuh atau terdapat kerusakan. Metode penempatan sensor akselerometer juga diaplikasikan pada jembatan ini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan mampu mendeteksi pengaruh kerusakan yang disimulasikan terjadi pada struktur dan menentukan lokasi penempatan sensor yang optimal. 


Keywords


deteksi kerusakan struktur, parameter dinamis, penempatan sensor percepatan.

Full Text:

PDF

References


Abdo, M. A. B. dan Hori, M., (2002). A Numerical Study of Structural Damage Detection Using Chan-ges in The Rotation of Mode Shapes, Journal of Sound and Vibration, 251(2), 227-239.

Anonym, (2009), Pedoman Konstruksi dan Bangunan No. 005/BM/2009- Pemeriksaan Jembatan Rangka Baja, Kementerian PU, Direktorat Bina Marga.

Cundy, A. L., (2003), Use of Response Surface Metamodels in Damage Identification of Dynamic Struc-tures, Thesis, Master of Science in Engineering Science and Mecha-nics, Los Alamos National Labo-ra¬tory, Blacksburg, Virginia.

Dutta, A. Talukdar, S., (2002), Damage Detection in Bridges Using Accu-rate Modal Parameters, Finite Elements in Analysis and Design, 40, 287–304.

Ge, M., Lui, E. M., (2005), Structural Damage Identification using System Dynamic Properties, Jour-nal Computers and Structures, 83, 2185-2196.

Gharighoran, A. Daneshjoo, F. Khaji, N., (2008), Use of Ritz Method for Damage Detection of Reinforced and Post-Tensioned Concrete Beams, Construction and Build-ing Materials, 23, 2167–2176.

Kammer, D. C., (1991), Sensor Placement for On-Orbit Modal Identification and Correlation of Large Space Structures, Journal of Guidance, Control, and Dyna-mics, 14, 251-259.

Lee, L. S. Karbhari, V. M. Sikorsky C., (2004), Investigation of Integrity and Effectiveness of RC Bridge Deck Rehabilitation with CFRP Composites, Department of Struc-tural Engineering, University of California, San Diego.

Sugiono dan Sulandi, (2013), PT. Kereta Api Indonesia (Persero), DAOP 8 Surabaya, Komunikasi personal.

Susanto. T., Budipriyanto, A., (2013), Structural Damage Detection of A Steel-Truss Railway Bridge Using its Dynamic Characteristics, Pro-cee¬dings of the International Se¬mi-nar on Applied Technology, Science, and Art (4th APTECS), Surabaya, Indonesia.

Wahab, M. M. A. Roeck, G. D., (1999), Damage Detection in Bridges Using Modal Curvatures: Appli¬ca-tion to A Real Damage Scena¬rio, Journal of Sound and Vibration, 226(2), 217-235.

Wilson, E. L., Kiureghian, A. Der, Bayo, E. R., (1981), A Replacement for the SRSS Method in Seismic Analysis, Earthquake Engineering and Structural Dynamics, 9, l87-l92.

Xu, Z.D. Wu, Z., (2007), Energy Damage Detection Strategy Based on Acceleration Responses for Long-Span Bridge Structures, Engineering Structures, 29(4), 609–617.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v12i2.2573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats