Kajian Efektifitas Penggunaan Fasilitas Parkir pada Terminal Angkutan Barang Pulo Gebang Jakarta Timur

Rudi Agus Widono, Nahry Nahry

Abstract


Berkembangnya perekonomian kota Jakarta diikuti oleh meningkatnya kegiatan logistik dan transportasi, dimana salah satunya ditunjukkan oleh meningkatnya kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Kendaraan angkutan barang yang beraktifitas di pelabuhan Tanjung Priok membutuhkan tempat parkir, salah satunya di Terminal Angkutan Barang (TAB) Pulo Gebang. Saat ini utilisasi fasilitas parkir di terminal ini pada waktu-waktu tertentu cukup tinggi dan tampak memerlukan pengembangan, hal ini terlihat dari adanya parkir ganda. Berdasarkan kondisi ini, penelitian ini ditujukan untuk menganalisa efektifitas penggunaan TAB Pulo Gebang saat ini sebagai fasilitas parkir dan mengkaji potensi perbaikan utilisasinya. Dari pengamatan selama 6 hari diperoleh nilai rata-rata karakteristik parkir berupa Turn Over sebesar 0,053–0,101, Indeks Parkir 60,9%-105,5%, Indeks Aktifitas Parkir (IAP) 0,54–0,81, dan V/C ratio 45%-59%. Parameter-paramter ini menunjukkan bahwa terminal selalu dalam keadaan penuh dan terutilisasi dengan cukup efektif. Walaupun demikian, terminal masih memiliki potensi untuk dikembangkan. Potensi dilihat dengan menganalisa beberapa skenario yang mungkin diimplementasikan yaitu melarang keberadaan kendaraan tidak layak jalan, memperkeras lahan di belakang terminal, mengoperasikan pintu kedua terminal, dan mengubah sistem penerimaan kendaraan menjadi bukan sistem sewa. Dengan skenario-skenario ini, kapasitas statis terminal dapat ditingkatkan hingga 30,43%.


Keywords


parking, efektifitas, terminal angkutan barang.

Full Text:

PDF

References


Departemen Jenderal Bina Marga Perhubungan Pekerjaan Umum. 1996. Pedoman Teknis Perencanaan Fasilitas Parkir, DP.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan antar Kota Jakarta, PU.

Hartom. 2005. Perencanaan Teknik Jalan (Geometrik) 1, Jakarta: UP Press.

Oppenlander J. C. and P. C. Box. 1976. Manual of Traffic Engineering Studies, 4th Edition, Washington DC: Institute of Transportation Engineering Washington DC.

Priadi S., 2001. Pengukuran Indeks Aktifitas Parkir Dikaitkan dengan Tata Guna Lahan Sekitarnya.

Swamson H. A., 1994. "A New Measure of Parking Activity Parking Activity Index," ITE Journal.

Tamin O. Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Ban-dung: Penerbit ITB.

Tamin O. Z. and Nahdalina. 1998. "Analisis Dampak Lalu Lintas (Andall)," Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, ITB.

Zakaria M., 2010. "Studi karakteristik parkir dan kebutuhan luas terminal Tegal sebagai terminal bus Tipe A."




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v12i1.2588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats