Kajian Sistem Drainase Kota Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur

Tatas Tatas, Denik Sri Krisnayanti, Mahendra Andiek Maulana

Abstract


Kota Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Manggarai Barat merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Manggarai berdasarkan Undang Undang No. 8 Tahun 2003. Wilayahnya meliputi daratan Pulau Flores bagian Barat dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, diantaranya adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang merupakan habitat binatang langka, komodo. Sebagai transit menuju habitat komodo, maka Kota Labuan Bajo mengalami pembangunan yang pesat. Pembangunan tersebut harus diimbangi pula oleh sistem drainase yang memadai. Dalam makalah ini akan disampaikan permasalahan genangan yang terjadi, pola aliran air limpasan, dan usulan zona penanganan drainase.

Adapun metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan survei secara langsung ke lokasi, dengan melihat topografi, sungai utama. Selain itu dengan menggunakan beberapa program komputer yang mampu membaca topografi dan melakukan deliniasi batas daerah aliran sungai secara otomatis menggunakan Gridded Surface Subsuface Hydrology Analysis (GSSHA).

Berdasarkan analisis maka dapat diambil kesimpulan bahwa genangan akibat topografi yang berbukit-bukit dan tidak didukung oleh saluran drainase yang memadai, pola aliran limpasan air yaitu langsung menuju ke laut dan ada yang ditampung terlebih dahulu oleh sungai-sungai utama, sistem penanganan drainase dapat dibagi empat zona berdasarkan daerah tangkapan hujan yaitu DAS Waebo, DAS Waemata, DAS Waekemiri, DAS Waemese.


Keywords


daerah aliran sungai, Labuan Bajo, sistem drainase.

Full Text:

PDF

References


Downer, C. W. dan Odgen, F. L. 2002. GSSHA–User’s Manual: Gridded Surface Subsurface Hydrologic Analysis, Engineering Research Development Center, Vicksburg.

Tatas, Krisnayanti dan Maulana, 2012. Laporan Akhir “Review Master Plan dan DED Kota Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat”. Propinsi NTT: PT. Global Parasindo Jaya, Dinas Cipta Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v10i1.2682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats