Prediksi Sedimentasi Kali Mas Surabaya

Ismail Sa'ud

Abstract


Kali Surabaya merupakan sungai yang sangat potensial sebagai pengendali banjir dan transportasi air. Perubahan penggunaan lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas bagian hulu berdampak pada proses angkutan sediment sepanjang Kali Mas. Kondisi angkutan sedimen dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga semakin memperkecil bank full capacity karena banyaknya pengendapan di sepanjang Kali Mas. Proses utama yang menyebabkan terbawanya sediment oleh aliran sungai adalah proses erosi. Erosi yang terjadi karena turunnya air hujan, yang bukan hanya membantu memperbanyak kandungan sedimen juga menjadi factor hilangnya partikel tanah yang kemudian terbawa dalam aliran sungai sebagai "suspended load". Dan akan mengendap di Kali Mas. Untuk mengoptimalkan kapasitas penampang Kali Mas diperlukan pengerukan, Agar pelaksanaan pengerukan dapat berjalan dengan baik yang ditinjau dari waktu maupun lokasi, maka diperlukan analisis mengenai prediksi besarnya sedimentasi dan distribusinya. Dari hasil analisa di peroleh besarnya suspended load = 58.05 m3/hari, bed load = 35.60 m3/hari dan Total load = 913.65 m3/hari.


Full Text:

PDF

References


Unibraw 2006, Studi Sediment Transport Sistem Kali Surabaya, Kali Mas, dan Kali Wonokromo. Unibraw Malang.

JICA. 1998. The Studi on Comrehensive Management Plan for The Water Resources of The Brantas River Basin in The Republic of Indonesia. Surabaya.

Chow VT 1959, Open Channel Hydraulics Mc Graw Hill Kogakusha, LTD.

Thorne CR 1987, Sediment Transport in Gravel – Bed Rivers. John Wiley & Son, New York.

Meyer – Peter, E and Muller, R 1948, Formulas for Bed load Transport in Proc. 2nd Congr. IAHR Stockholm, Vol. 2, Paper. 2, PP : 39 – 64.

Einstein, H. A. 1950, The Bed Load Function, for Sediment Transport in open channel flow. US. Dept. of Agric. Bull. 1026.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v4i1.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats