Penyediaan Prasarana dan Sarana Permukiman sebagai Motor Pertumbuhan Ekonomi dalam Wilayah Pakal Benowo

Kusumastuti Kusumastuti

Abstract


Studi ini dilakukan di kecamatan Pakal, sebagai wilayah pemekaran dari kecamatan Benowo. Kecamatan Pakal merupakan kawasan pinggiran kota yang secara umum kehidupan penduduknya masih berciri pedesaan yang didominasi oleh aktivitas pertanian dan tambak. Sebagai ciri-ciri desa/kampung yang merupakan ciri khas penghuninya adalah berpenghasilan rendah, sehingga penyediaan prasarana dan sarana permukimannya masih kurang memadai. Tujuan studi adalah untuk mengetahui potensi dan kearifan lokal dalam pengadaan perumahan bagi pekerja-pekerja industri, khususnya yang dilakukan oleh pengembang perumahan informal (Haji Abu Bakar), tanpa bantuan modal dari institusi keuangan dan teknis, untuk mengetahui keterbatasan penyediaan prasarana dan sarana lingkungan permukimannya. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis swot dan perencanaan strategis. untuk mengetahui potensi pengadaan perumahan dan penyediaan prasarana dan sarananya. Data didapat melalui daftar pertanyaan, pengamatan dan wawancara langsung dengan penduduk kelurahan Babat Jerawat, Benowo kecamatan Pakal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengadaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah kemungkinan tetap memiliki potensi dengan proses secara informal dan berkesinambungan, dan keterbatasan penyediaan prasarana dan sarana permukiman disebabkan oleh keterbatasan dana, sehingga menemui kendala dalam proses pengembangannya.


Keywords


Pengembang informal, dan Kemitraan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya (2002), Kota Surabaya Dalam Angka, BPS Kota Surabaya.

Budiharjo, Eko (1994), Percikan Masalah Arsitektur Perumahan Perkotaan, Jakarta.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah Direktorat Jenderal Perumahan dan Permukiman (2002), Kebijaksanaan dan Strategi Nasional Perumahan dan Permukiman (KSNPP), Yayasan Badan Penerbit Kimpraswil, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum (1987), Petunjuk Perencanaan Kawasan Kota, Penerbit Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta.

Kaloh, J (2002), Mencari Bentuk Otonomi Daerah, Rineka Cipta.

Kartono, Kartini !996), Pengantar Metodologi Riset Sosial, Penerbit Mandar Maju.

Poerbo, Hasan (1999), Lingkungan Binaan untuk Rakyat, Edisi Pertama, Penerbit Yayasan Akatiga, Bandung.

Rangkuti, Freddy (1999), Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Silas, Johan (2000), “Bantuan Teknis Untuk Pemberdayaan Masyarakat di Perkotaan”, Kantor Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah bekerja sama dengan ITS,

Edisi Pertama, Penerbit Lab.Perkim.Jurusan Arsitektur, Surabaya.

------------(1996), “Kampung Surabaya Menuju Metropolitan”, Edisi Pertama, Penerbit Yayasan Keluarga Bhakti Surabaya.

------------(1988), “The Kampungs of Surabaya”,Edisi Pertama, Penerbit Laboratorium Perumahan dan Permukiman ITS, Surabaya.

Soesilo, Nining I. (2000), “Ekonomi Perencanaan dan Manajemen Kota”, Penerbit Magister Perencanaan & Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Jakarta.

Santosa, S.Happy Ratna (2000), “Permukiman dan Lingkungan dalam Pengembangan Wilayah, Pidato Pengukuhan Guru Besar, ITS.Surabaya.

Turner, John F.C, and Fichther, Robert (1972), Dweller control of the Housing Process, Freedom To Build, The Macmillan Company-New York and Collier-Macmillan Limited-London.

United Nation Center for Human Settlement-Habitat (1990), The Global Strategy for Shelter to the Year 2000, Nairobi.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v4i1.3055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats