Dampak Parkir On Street Pada Fasilitas Bukaan Median (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan

Prima Romadhona, Dika Prasetyo

Abstract


Jalan yang berfungsi ganda sebagai parkir on street menyebabkan terjadinya pengu­rangan lebar efektif jalan. Keberadaan parkir di badan jalan di sekitar fasilitas putaran balik (U-turn) dapat menimbulkan konflik berupa kemacetan karena kendaraan yang melakukan putaran balik terganggu oleh adanya parkir di badan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan Affandi, Yogyakarta akibat adanya parkir di badan jalan pada lokasi U-turn dan memberikan solusi untuk meningkatkan kinerja ruas jalan akibat hal tersebut. Data primer didapatkan dari survei perhitungan kendaraan, kecepatan, geometri, dan driving behaviour. Analisis kinerja berdasarkan data primer, Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997 (KemenPUPR) dan di modelkan dengan VISSIM. Hasilnya, kecepatan kendaraan rata-rata pada kondisi eksisting sebesar 25,44 km/jam, tingkat pelayanan E, dan derajat kejenuhan 0,81. Alternatif solusinya yaitu pemberlakuan larangan parkir pada area putaran balik dan beberapa meter sesudah dan sebelumnya. Hasil pemodelan VISSIM menunjukan, semakin jauh  larangan parkir dari lokasi u-turn, maka kinerja jalan semakin meningkat.

Keywords


parkir on street, u-turn, VISSIM,

Full Text:

PDF

References


Walikota Kota Yogyakarta, Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Yogyakarta. Yogyakarta, 2010, p. 17.

Direktorat Bina Marga, Perencanaan Putar Balik (U-Turn), no. 014. 1990, p. 1.

Ahmad Munawar, Dasar-Dasar Teknik Transpor-tasi. Yogyakarta: Yogyakarta, 2004.

Yohanes Putra Bura, “Analisis Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus U-Turn Jl. Laksda Adisucipto – Depan Hotel Sri Wedari) Teknik Sipil,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2016.

N. M. Rungkuti, “Analisa Pengaruh Putaran Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus),” Medan, vol. 2, no. 1, p. 5, 2016.

D. D. Widiyanti, “Analisis Radius Putar Median Jalan Dengan Bukaan Untuk Putaran Balik Arah Kota Mataram,” Spektrum Sipil, vol. 3, p. 13, 2016.

E. A. & J. H. Purba, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Tujuan Penelitian Gambaran Umum U-Turn,” J. Tek. Sipil USU, vol. 2, p. 23, 2013.

A. S. Sarewo and Adris Ade Putra &, “Pengaruh Pergerakan U – Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalulintas Menerus,” Media Komun. Sipil, no. 115, pp. 9–22, 2008.

Presiden Rebuplik Indonesia, Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 22Tahun 2009 Tentang Lalulintas Dan Angkutan Umum. p. 4, 2009.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir.” p. 20, 1998.

H. Patmadjaja and R. Setiawan, “Pengaruh Kegiatan Perparkiran Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Kertajaya),” Dimens. Tek. Sipil, vol. 2, pp. 63–74, 2003.

S. Ayal, “Pengaruh Parkir Tehadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Agus Salim DKI Jakarta),” Universitas Gadjah Mada, 2008.

D. Kusmianingrum, “Identifikasi Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Ki Samaun Tangerang,” Planesa, vol. 1, no. November, pp. 136–140, 2010.

A. I. S. S.A. Adisasmitha(1), A.F. Aboe(2), “Analisis Pengaruh Parkir Kendaraan Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Jalan Boulevard Kawasan Mall Panakukang,” Repos. Unhas., no. 1, 2006.

Direktorat Jendral Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan IndonesiaTahun1997. 1997, pp. 2–106.

Planing Transport Verkehr AG, “PTV AG,” 2017.

Direktorat Jendral Bina Marga, Perencanaan Putaran Balik (U-Turn). p. 6, 2005.

Menteri Pehubungan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Kinerja Ruas Jalan. p. 16, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i2.4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats