Analisis Probabilitas Pepindahan Moda Dari Kendaraan Pribadi Ke Bus Damri Dan Tranex Mandiri Di Bandara Internasional Minangkabau

Isria Miharti Maherni Putri, Hera Widyastuti

Abstract


Bus Damri dan Tranex Mandiri merupakan salah satu moda transportasi di Bandara Internasional Minangkabau yang saat ini peminat dari bus menurun dan membutuhkan waktu relatif lama sebelum bergerak mengangkut penumpang karena menunggu penuhnya kapasitas muatan, oleh sebab itu dilakukan analisis kinerja dan analisis probababilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke Bus Damri dan Tranex Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuisoner, wawancara dan teknik Stated Preference. Parameter kinerja Bus Damri dan Tranex Mandiri adalah waktu henti, waktu antara (headway) dan faktor muat. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa skenario analisis regresi logistik biner untuk menganalisa perpindahan moda dari kendaraan pribadi Bus Damri dan Tranex Mandiri. Probabilitas pengguna kendaraan pribadi yang mau berpindah ke moda bus bandara sangat dipengaruhi oleh variabel: usia dan penghasilan.

Keywords


Bus Damri dan Tranex Mandiri; Probabilitas; Stated Preference; Model Regresi Logistik; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Perusahaan Umum (PERUM) Damri, “Data Penumpang, Rute dan Tarif Bus Damri," 2019.

CV. Tranex Mandiri, “Data Penumpang, Rute dan Tarif Bus Tranex Mandiri,". 2019.

O. Z. Tamin, “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua,” in Perencanaan dan pemodelan transportasi, 2000.

A. Soimun, Analisis Probabilitas Perpindahan Moda Pengguna Kendaraan Pribadi ( Sepeda Motor Dan Mobil ) Ke Kereta Api Commuter Surabaya Sidoarjo Analysis Of Probability Of Private Vehicles Users ( Motor Cycles And Cars ) Move To Railway Commuter Surabaya, 2018.

R. S. Irsadi et al., “Probabilitas perpindahan moda bagi pengelola jasa emkl/ forwarder dari truk petikemas ke kereta api petikemas di terminal multipurpose teluk lamong surabaya (studi kasus: rute surabaya – jakarta)” 2017.

B. P. Statistik, Provinsi Sumatera Barat Dalam Angka, 2018.

PT. Angkasa Pura, “Jadwal Pesawat di Bandara Internasional Minangkabau.” .

V. R. Vuchic, Urban Public Transportation System and Technology, University of Pennsylvania. 1981.

A. B. Pratomo, A. Sumarsono, and B. Yulianto, “Analisis Kinerja Bus Trans Jogja ( Studi Kasus Rute 4A dan 4B ),” pp. 500–508, 2015.

D. I. Wi, L. Perkotaan, D. Trayek, T. dan, D. I. Rektorat, and J. E. Perhubungan, “Pedoman Teknis Teratur.”

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabetha, 2006.

H. H. M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik I (Statistik Deskriptif), 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i1.5284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats