Pengukuran dan Perekaman data Ketidakrataan Perkerasan Jalan dengan Sensor Ultrasonic pada Rolling Straight Edge

Suwardo Suwardo, Heru Budi Utomo

Abstract


Ketidakrataan permukaan jalan adalah salah satu faktor pelayanan perkerasan yang mempengaruhi kenyamanan (kualitas berkendara) pengemudi. Persyaratan utama untuk jalan yang baik adalah struktur yang kuat, datar, tahan air, tahan lama, dan ekonomis sepanjang masa pakai. Pengukuran ketidakrataan permukaan jalan belum banyak dilakukan di Indonesia mengingat keterbatasan peralatan sehingga pemantauan dan evaluasi jalan yang ada tidak dapat dilakukan dengan benar sesuai dengan standar jalan. Tingkat ketidakrataan permukaan jalan dapat diukur dengan menggunakan berbagai metode yang telah direkomendasikan oleh Bina Marga dan AASHTO. Metode pengukuran ketidakrataan permukaan jalan yang digunakan adalah metode Transport Research Laboratory dengan Rolling Straight Edge. Departemen Teknik Sipil memiliki dua unit Rolling Straight Edge, tetapi fasilitas pembacaan data hanya mengandalkan pembacaan jarum skala manual, membuatnya kurang cepat dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen untuk membaca data ketidakrataan dengan sensor ultrasonic untuk menggantikan pembacaan manual pada Rolling Straight Edge. Dengan data logger sensor ultrasonik ini dikembangkan, diharapkan pengukuran dan analisis data dapat dilakukan lebih cepat dan efisien. Objek perkerasan jalan yang diukur adalah lantai ubin, perkerasan paving block, perkerasan aspal, dan perkerasan beton. Hasil yang diperoleh bahwa analisis dan evaluasi kondisi tingkat ketidakrataan jalan dari pengembangan instrumen sensor ultrasonic pada Rolling Straight Edge lebih cepat, lebih efisien dan memiliki produktivitas pengukuran yang lebih tinggi.

Keywords


Surface Roughness; Rolling Straight Edge; International Roughness Index; Presentability Service Index; Road Condition Index; monitoring and evaluation; proper road standards; Ketidakrataan Permukaan; Indeks Kondisi Jalan; pemantauan dan evaluasi

Full Text:

PDF

References


Controls Testing Equipment Ltd., 1993, Rolling Straight Edge B187: User Manual, Edition 1 – August 1993, Controls House, Icknield Way, Tring HP 23 4JX, England.

Direktorat Jendral Bina Marga, 1990, Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, Kementerian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga, 2012, Panduan Teknis Uji Laik Fungsi Jalan, Kementerian Pekerjaan Umum.

Ditjen Bina Marga DPU, 2013, Standar Biaya Penanganan Jalan Tahun 2011 dan 2012, Sub. Direktorat Informasi dan Komunikasi, Dir. Bina Program, Ditjen. Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum, 2011, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 11/PRT/M/2011 tentang Pedoman Penyelenggaraan Jalan Khusus, Jakarta.

NCHRP, 2001, Rehabilitation Strategies for Highway Pavements, TRB-NRC, Washington.

Pemerintah RI, 2004, Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 tahun 2004 tentang Jalan, Jakarta.

Suherman, 2008, “Studi Persamaan Korelasi antara Ketidakrataan Permukaan Jalan dengan Indeks Kondisi Jalan Studi Kasus Ruas Jalan Labuan – Cibaliung, Jurnal Teknik Sipil, Volume 8 No. 3, Juni 2008 : 206 – 214.

Sukirman, S.,1992, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Badan Penerbit Nova Bandung.

Suwardo dan Haryanto, I., 2016, Perancangan Geometrik Jalan: Standar dan Dasar-Dasar Perancangan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Suwardo dan Sugiharto, 2004, “Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight Edge untuk Mengestimasi Pelayanan Jalan”, Prosiding Simposium VII FSTPT, Universitas Katolik Parahyangan, 11 September 2004, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i2.6050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats