Evaluasi dan Desain Teknis Perkuatan Perkerasan pada Perpanjangan South Parallel Taxiway 1 Bandar Udara Soekarno-Hatta

Samuel Febrilian Hasto Putro, Suwardo Suwardo

Abstract


Pada tahun 2019 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (BSH) berada di peringkat ke-40 di bandar udara terbaik dunia dari Skytrax. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan pergerakan pesawat, BSH melakukan pembangunan dan optimalisasi fasilitas. Salah satunya adalah pembangunan perpanjangan South Parallel Taxiway 1 pada 2016 untuk melayani Boeing 747-400. Namun demikian, pada 2018 pesawat ini saat ini tidak dilayani lagi oleh BSH. Pesawat komersial terberat, Boeing 777-300ER telah dioperasikan sejak 2013 di BSH. Hal ini menjadi topik penelitian yang bertujuan mengevaluasi dan merancang perkuatan perkerasan South Parallel Taxiway 1 sehingga dapat melayani pesawat Boeing 777-300ER. Perkuatan perkerasan dengan overlay harus mempertimbangkan data terkait pesawat Boeing 777-300ER, struktur perkerasan yang ada, dan survei kondisi perkerasan, kemudian dianalisis dengan menggunakan program FAARFIELD. Desain teknis dan ketebalan lapisan overlay dianalisis menggunakan program FAARFIELD. Nilai PCN ditentukan dan dianalisis menggunakan program COMFAA. Hasil analisis menunjukkan bahwa perkerasan yang ada membutuhkan pelapisan karena nilai PCC CDF adalah 8,17 dan %CDFU adalah 1290,44%. Nilai Pavement Condition Index (PCI) adalah 80, yaitu lebih dari 76, sehingga overlay dapat dilakukan tanpa memperkuat struktur yang lebih rendah. Analisis dengan program FAARFIELD menghasilkan ketebalan overlay HMA 144 mm. Analisis dengan program COMFAA menghasilkan nilai PCN 135/R/B/X/T dan nilai ACN pesawat Boeing 777-300ER pada CBR 6,35% adalah 86. Hasilnya menunjukkan nilai PCN>ACN yang berarti perkerasan dapat digunakan untuk Pesawat Boeing 777-300ER. Pekerjaan overlay memerlukan penyelarasan ketinggian permukaan taxiway lama dengan taxiway overlay.

Keywords


Bandar udara; Evaluasi; Desain Teknis; Perkuatan Overlay; PCN-ACN; Tappering; Airport; Evaluation; Technical Design; Overlay Strengthening; Tappering

Full Text:

PDF

References


Asphalt Institute, 2014, MS-2 Asphalt Mis Design Methods, Asphalt Institute, USA.

Chou, Y. J., 1996, Verification of the ODOT Overlay Design Procedure, No. FHWA/OH-96/005.

FAA, 2014, AC 150/5335 5C Standardized Method of Reporting Airport Pavement Strength – PCN, US Department of Transportation, Chicago.

FAA, 2014, AC 150/5380 6C Guidelines and Procedures for Maintenance of Airport Pavements, US Department of Transportation, Chicago.

FAA, 2016, AC 150/5320 6F Airport Pavement Design and Evaluation, Department of Transportation, Chicago: US.

Galloway, J. W., dan Raithby, K. D., 1973, Effect of Rate of Loading in Flexural Strength and Fatigue Performance of Concrete, Transport and Road Research Laboratory, Crowthorne, Bershire, U.K.

Huang, Y. H., 1993, Pavement Analysis and Design. Prentice Hall.

ICAO, 2018, Annex 14, ICAO, Amerika Serikat.

Kementrian Perhubungan Udara, 2018, Standar Teknis dan Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil., Kementrian Perhubungan, Jakarta.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, 2015, Pedoman Teknis Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil, Kementrian Perhubungan Udara, Jakarta.

PT Angkasa Pura II, 2018. Airport Pavement Management System, PT Angkasa Pura II, Tangerang.

Sidgel, Pawan, 2016, Improving Design Strategies for Composite Pavement Overlay: Multi-layered Elastic Approach and Reliability Based Models, Toledo : University of Toledo.

UK Ministry of Defence, 2011, A Guide to Airfield Pavement Design and Evaluation, UK Ministry of Defence, West Midlands.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i2.6087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats