Studi Karakteristik Pedestrian dan Pemilihan Fasilitas Penyeberangan Menggunakan Metode Revealed Preference (Studi Kasus Jl. Pemuda, Jl. Gubernur Suryo, dan Jl. Prof Dr Moestopo)

Nur Indah Mukhoyyaroh, Hera Widyastuti

Abstract


Meningkatnya volume lalu lintas kendaraan di jalan raya sangat membutuhkan tersedianya fasilitas pejalan kaki berupa fasilitas penyeberangan pada daerah –daerah dimana pedestrian terkonsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas penyeberangan seperti apa yang diperlukan oleh pejalan dan mengetahui perilaku pejalan kaki agar penyediaan fasilitas penyeberangan tersebut lebih efektif karena disesuaikan dengan perilaku pengunanya. Selain itu juga untuk menghindari ketidak tepatan penempatan fasilitas penyeberangan yang dapat mengakibatkan tidak terpakainya fasilitas tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara terkait kepuasan pengguna fasilitas penyeberangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kondisi fasilitas pada Jl. Pemuda, Jl. Gubernur Suryo, dan Jl. Prof. Dr. Moestopo sudah baik untuk melindungi penyeberang jalan pada kendaraan pribadi. Setelah di lakukan uji regresi logistik untuk mengetahui probabilitas penyeberang dalam memilih fasilitas penyeberangan didapatkan hasil bahwa 60,6% masyarakat lebih memilih JPO sebagai alternatif penyeberangan dengan alasan lebih aman. Dengan demikian, pengembangan fasilitas penyeberangan JPO pada Jl. Pemuda, Jl. Gubernur uryo dan Jl. Prof. Dr. Moestopo dinilai sudah tepat.


Keywords


Kata kunci: Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki, Penyeberangan Pejalan Kaki, Jembatan Penyeberangan

Full Text:

PDF

References


P. E. Purnamasari dan W. Imam, “TINGKAT KEPUASAN PEDESTRIAN TERHADAP FASILITAS TROTOAR DAN ZEBRA CROSS , STUDI KASUS DI DEPAN PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA,” vol. 3, no. KoNTekS 3, hal. 6–7, 2009.

T. E. Naskah, “Teori analisis deskriptif,” 2017.

J. Junaidi dan U. Jambi, “Model Regresi Binary Logit ( Aplikasi Model dengan Program SPSS ),” no. June, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i2.7430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats