Analisis Risiko Proyek dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: Proyek Perpustakaan Modern Lampung pada Tahap Lanjutan)

Inten Monaliza, Ika Kustiani

Abstract


Pelaksananan proyek konstruksi gedung Perpustakaan Modern Lampung tidak lepas dari sejumlah risiko, baik risiko eksternal, maupun risiko internal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko biaya dengan memberikan urutan prioritas risiko serta penanganannya.  Peristiwa risiko dapat dikaji dalam bentuk fishbone diagram dan dianalisis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP akan memberikan urutan prioritas risiko yang signifikan terhadap biaya proyek. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kuesioner untuk mengetahui frekuensi risiko dan dampak risiko. Hasil penelitian menunjukkan peringkat risiko yang dominan berdasarkan nilai faktor risiko (FR). Risiko dengan faktor risiko tertinggi yaitu addendum dengan FR = 0,5574 yang dikategorikan risiko level sedang. Sedangkan untuk risiko dengan kategori level sedang lainnya adalah risiko perubahan desain dengan FR = 0,4695, dan. level rendah yaitu, kerusakan fasilitas poyek oleh pihak ketiga dengan Faktor Risiko FR = 0,1459. Adapun penangan risiko addendum dengan mempercepat proses administrasi pengajuan addendum agar tidak terjadi keterlambatan pekerjaan. Sedangkan risiko perubahan desain ditangani dengan melakukan koordinasi ulang antara kontraktor dan konsultan untuk melakukan perubahan desain.

Keywords


fishbone diagram, Analytical Hierarchy Process (AHP), penanganan risiko.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i1.7826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats