Analisis Pengaruh Variasi Gradasi Aspal Porus Terhadap Parameter Marshall dan Permeabilitas

Qurratul Ayun, Catur Arif Prastyanto

Abstract


Genangan air pada musim penghujan mengakibatkan terjadinya kerusakan jalan dikarenakan dapat melonggarkan ikatan antara agregat dengan aspal. Genangan air juga membahayakan pengguna jalan raya, karena jalan menjadi lebih licin dan menyebabkan aquaplaning. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan aspal porus yang memiliki kekesatan permukaan (skid resistance), dapat mereduksi suara yang diakibatkan oleh gesekan antar roda dengan lapisan permukaaan aspal. Selain itu, kadar rongga lapisan aspal yang tinggi diharapkan dapat berfungsi sebagai lapisan drainase agar genangan air diatas permukaan dapat diminimalisir. Penelitian ini menggunakan beberapa variasi gradasi berdasarkan Stone Matrix Asphalt (SMA) Bina Marga 2018. Gradasi SMA memiliki presentase agregat kasar yang tinggi, diharapkan dapat digunakan untuk gradasi aspal porus. Hasil dari pengujian yang menghasilkan gradasi yang paling baik untuk aspal porus adalah gradasi 73% kasar, kadar aspal 5.05% dengan nilai stabilitas 835.667 kg, VIM 6.254%, VMA 17.638%, flow 3.440 mm, MQ 242.926 kg/mm, permeabilitas 0.211 cm/dt.


Keywords


Aspal Porus, aquaplaning, variasi gradasi, karakteristik marshall, permeabilitas, Stone Matrix Asphalt (SMA)

Full Text:

PDF

References


A. Sulistiyatno and M. Dhanar, “Studi Pengaruh Genangan Air Terhadap Kerusakan Jalan Aspal dan Perencanaan Subdrain Untuk Ruas Jl. Rungkut Industri Raya, Jl. Rungkut Kidul Raya, Surabaya,” J. Tek. POMITS Vol. 1 No. 1, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Manual Desain Perkerasan Jalan,” p. 235, 2017, [Online]. Available: https://ocw.upj.ac.id/files/Slide-CIV-314-modul-praktikum-jalan.pdf.

W. C. Kamba, P. Herman, and T. M, “Karakteristik Aspal Porus Gradasi Australia Dengan Bahan Pengikat Substitusi Parsial Liquid Asbuton,” pp. 1–10, 2014.

Djumari and D. Sarwono, “Perencanaan Gradasi Aspal Porus Menggunakan Material Lokal Dengan Metode Pemampatan Kering,” Media Tek. Sipil, 2009, doi: 10.3182/20100915-3-IT-2017.00072.

A. Selian, S. M. Saleh, and R. Faisal, “Campuran Aspal Porus dengan Pemanfaatan Gondorukem ke dalam Aspal,” vol. 1, no. 3, pp. 8–14, 2019.

N. Ali, “Studi Penggunaan Serat Ijuk Sebagai Bahan Tambah Pada Aspal Porous Liquid Asbuton,” Mater. Konf. Nas. Tek. Sipil Univ. Sebel. Maret -Surakarta, vol. 7, no. KoNTekS 7, pp. 24–26, 2013.

A. Setyawan, “Observasi Properties Aspal Porus Berbagai Gradasi Dengan Material Lokal,” Media Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 15–20, 2009.

W. D. Martin, B. J. Putman, and A. I. Neptune, “Influence of Aggregate Gradation on Clogging Characteristics of Porous Asphalt Mixtures,” J. Mater.Civ.Eng.,2014,doi: 10.1061/(ASCE)MT.1943-5533.0000975.

Bina Marga, “Spesifikasi umum 2018,” 2018.

D. Sarwono and A. K. Wardhani, “Pengukuran Sifat Permeabilitas Campuran Porous Asphalt,” Media Tek. Sipil, vol. 7, no. 2, pp. 131–138, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i1.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats