Karakteristik Pengemudi Sepeda Motor Dalam Model Peluang Kecelakaan (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 325 Lamongan)

Fitria Putri Luthfiyani, Ervina Ahyudanari

Abstract


Resiko terbesar laka pada mereka yang memiliki perlindungan paling sedikit seperti pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Perilaku kecelakaan didominasi oleh pengemudi disebabkan beberapa faktor yang berkaitan dengan latar belakang sosial dan perilaku berkendara pengemudi. Data kecelakaan sering tidak lengkap atau pelaku kecelakaan tidak dapat dihubungi. Untuk itu pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memodelkan dari perilaku pengguna lalu lintas yang berpotensi pada terjadinya kecelakaan. Lintas Surabaya Pasarturi-Bojonegoro memiliki nilai laka tertinggi di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 325 Lamongan. Parameter untuk mengetahui tingkat probabilitas kecelakaan berdasarkan pada karakteristik pengemudi sepeda motor. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada pengguna sepeda motor yang melintas di JPL 325 Lamongan. Analisis deskriptif dilakukan untuk memberikan gambaran karakteristik responden dan analisis inferensial berupa regresi logistik biner untuk mendapatkan faktor apasaja yang berpeluang menimbulkan laka di JPL. Pengemudi yang melakukan aktivitas lain saat berkendara diindikasikan menjadi faktor penyebab kecelakaan meskipun kecil kemungkinan terjadi dengan nilai peluang sebesar 6,25%.

Keywords


Perlintasan Sebidang KA; Logit Biner; Faktor Kecelakaan; Perilaku Pengemudi

Full Text:

PDF

References


D. G. N. da Costa, S. Malkhamah, and L. B. Suparma, “Faktor Pemicu Persepsi dan Sikap Toleran Pengendara terhadap Risiko Kecelakaan,” J. Transp., vol. 18, no. 1, pp. 39–48, 2018.

D. G. N. da Costa, S. Malkhamah, and L. B. Suparma, “Pengelolaan Risiko Kecelakaan Lalu Lintas: Cakupan, Indikator, Strategi dan Teknik,” Simp. II UNIID 2017, vol. 2, no. 1, pp. 195–203, 2017.

C. Damayanti, “Pengelompokan Polres di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Tahun 2013,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2014.

M. T. Obaidat and T. M. Ramadan, “Traffic accidents at hazardous locations of urban roads,” Jordan J. Civ. Eng., vol. 6, no. 4, pp. 436–447, 2012.

N. S. Pamungkas, “Mengenal Perilaku Pengendara Kendaraan dalam Upaya Mencegah Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya,” Jur. Tek. Sipil Politek. Negeri Semarang, vol. 9, pp. 13–18, 2014.

S. P. Warpani, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB, 2002.

W. H. Organization, “Global status report on road safety 2015,” World Health Organization, Italy, 2015.

L. S. Putranto, A. Pramana, and H. Kurniawan, “Hubungan Antara Perilaku Pengemudi Sepeda Motor Pada Berbagai Keadaan Lalu Lintas Jalan Dengan Karakteristik Pengemudi, Kendaraan, dan Perjalanan,” J. Transp., vol. 6, no. 1, pp. 63–70, 2006.

T. Permanawati, H. Sulistio, and A. Wicaksono, “Model Peluang Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Pengendara (Studi Kasus: Surabaya, Malang dan Sragen ),” J. Rekayasa Sipil, vol. 4, no. 3, pp. 185–194, 2010.

A. M.A, “Studi Risiko Kecelakaan Menggunakan Metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control) pada perlintasan Sebidang Kereta Api DAOP VIII Surabaya (Stasiun Pasarturi-Surabaya sampai Stasiun Babat-Lamongan),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2019.

K. Haleem, “Investigating risk factors of traffic casualties at private highway-railroad grade crossings in the United States,” Accid. Anal. Prev., vol. 95, pp. 274–283, 2016.

Arfa’ Najmy, “Identification the effect of Behaviour on Traffic Accident Level with Stuctural Equation Modelling (SEM),” Int. J. Eng. Res., vol. V7, no. 08, pp. 7–10, 2018.

E. W. Putra, A. Budiwirawan, J. Teknik, S. Fakultas, and U. N. Semarang, “Studi Keselamatan dan Keamanan Transportasi di Perlintasan Sebidang Antara Jalan Rel dengan Jalan Umum ( Studi kasus perlintasan kereta api di jalan kaligawe kota semarang ),” Universitas Negeri Semarang, 2009.

I. Rakhmawati, “Lintas Di Surabaya Dengan Pendekatan Traffic Accident Victims in Surabaya Using Multinomial Logistic Regression,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

A. Rizkiansah, “Analisis pola tingkah laku pengendara sepeda motor di kota surabaya dengan Driver Behaviour Questionnaire (DBQ),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2011.

T. Tjahjono, A. Kusuma, Y. Y. Pratiwi, and R. Y. Purnomo, “Identification Determinant Variables of the Injury Severity Crashes at Road-Railway Level Crossing in Indonesia,” Transp. Res. Procedia, vol. 37, no. September 2018, pp. 211–218, 2019.

A. Utami, “Studi Analisis Panjang Antrian Pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu dan Harapan Masyarakat Terhadap Early Warning,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2019.

S. S. Nuha et al., “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dalam Mewujudkan Pembangunan Desa Pada Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang,” Diponegoro Law J., vol. 6, no. 1, pp. 1–22, 2017.

DAOP 8 Surabaya, “Laporan Kecelakaan Survei Perlintasan Sebidang 2017.” Data Instansi, Jawa Timur, pp. 1–13, 2018.

S. Santoso, Statistik Non Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia, 2014.

I. B. Widiarta, Putu, and I. G. N. Wardana, “Analisis Pemilihan Moda Dengan Regresi Logistik Pada Rencana Koridor Trayek Trans Sarbagita,” J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 15, no. 2, pp. 131–142, 2011.

M. D. Ruhamak and E. H. Syai’dah, “Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare),” Ekonika J. Ekon. Univ. kadiri, vol. 3, no. 2, p. 14, 2018.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, 20th ed. Bandung: Alfabeta, 2012.

A. Husna and B. Suryana, Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

M. H. Ashshiddiq and R. Nooraeni, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemuda Menjadi Pengangguran di Provinsi Banten Tahun 2018,” in Seminar Nasional Official Statistics, 2020, vol. 2019, no. 1, pp. 608–620.

M. R. F. Nur and S. I. Oktora, “Analisis Kurva ROC Pada Model Logit Dalam Pemodelan Determinan Lansia Bekerja di Kawasan Timur Indonesia,” Indones. J. Stat. Its Appl., vol. 4, no. 1, pp. 116–135, 2020.

A. Wulandari, F. M. Faruk, F. S. Doven, and Budyanra, “Penerapan Metode Regresi Logistik Biner untuk Mengatahui Determinan Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Menghadapi Bencana Alam (Studi Kasus di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017),” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2019, no. 1, pp. 379–389, May 2020.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21, 7th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

A. Wirandika, “Pengaruh Faktor Keuangan dan Non-Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013,” Universitas Lampung, 2015.

F. P. Luthfiyani, “Probabilitas Kecelakaan Pada Perilaku Pengemudi Sepeda Motor di Perlintasan Sebidang Lintas Surabaya Pasarturi - Bojonegoro,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i2.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats