Studi Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Sepeda Motor Untuk Ruas Jalan 4/2D di Sidoarjo

Syafira Khayam, Hera Widyastuti

Abstract


Dalam menentukan kapasitas terdapat beberapa parameter yang dijadikan acuan, yaitu seperti Ekivalen Mobil Penumpang (EMP), hambatan samping, geometrik jalan, dan ukuran kota. Berdasarkan hasil Analisa kinerja ruas jalan yang dihitung menggunakan MKJI 1997 dirasa belum mewakili karakteristik lalu lintas yang ada saat ini. Perbandingan kinerja ruas jalan pada saat menggunakan EMP MKJI dan EMP time headway  memiliki hasil yang signifikan, yaitu EMP time headway cenderung lebih besar dari EMP MKJI. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan volume kendaraan, karakteristik lalu lintas, geometrik jalan pada ruas jalan saat ini. Perbandingan kinerja jalan terbesar berada pada jam puncak sore pada ruas Jl. Majapahit arah Sidoarjo – Porong yaitu mencapai selisih derajat kejenuhan sebesar 0,646. Pada Jl. Jenggolo perbandingan terbesar berada pada jam puncak sore arah Sidoarjo – Surabaya yaitu mencapai selisih 0,939. Pada Jl. Pahlawan perbandingan terbesar berada pada jam puncak sore arah Sidoarjo – Krian yaitu mencapai selisih 0,144.


Keywords


Ekivalen Mobil Penumpang, time headway, ruas jalan 4/2D, Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Council, N. R., & TRB. (2000). Highway capacity manual. In National Research Council, Washington, DC.

Setiawan, A. (2011). Studi penentuan nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) berbagai jenis kendaraan pada ruas jalan utama di kota palu. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Transportasi, I No. 1, 16–26.

Salter, R. J. (1996). Highway Traffic Analysis and Design. In Journal of Chemical Information and Modeling (3rd ed., Vol. 53, Issue 9). Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-1-349-13423-6

Iskandar, H. (n.d.). Cara Pemutakhiran Nilai Ekivalen Mobil Penumpang dan Kapasitas Dasar Ruas Jalan Luar Kota.

Seguin, E. L. (1982). Passenger Car Equivalents on Urban Freeways. U.S. Federal Highway Administration, Offices of Reesearche and Development.

Krammes, R. A., & Crowley, K. W. (1986). Passenger Car Equivalents for Trucks on Level Freeway Segments. Transportation Research Record, 10–17.

Prima, G. R., Iskandar, H., & Joewono, T. B. (2002). Kajian Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Berdasarkan Data Waktu Antara Pada Ruas Jalan TOL. African and Asian Studies, 35(4), 430–434. https://doi.org/10.1163/156852100512347

Yeung, J. S., Wong, Y. D., & Secadiningrat, J. R. (2015). Lane-harmonised passenger car equivalents for heterogeneous expressway traffic. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 78, 361–370. https://doi.org/10.1016/j.tra.2015.06.001

Putra, S. (2011). The correction value of passenger-car equivalents for motorcycle and its impact to road performance in developing countries. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 16(December), 400–408. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.461

Saha, P., Hossain, Q. S., Mahmud, H. M. I., & Islam, Z. (2009). Passenger car equivalent (PCE) of through vehicles at signalized intersections in Dhaka metropolitan city, Bangladesh. IATSS Research, 33(2), 99–104. https://doi.org/10.1016/S0386-1112(14)60248-X




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i3.9241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats