Analisis Hasil Perencanaan pada Pemodelan Stabilitas Timbunan dengan Program Bantu XSTABL, GEO5, GeoStudio-SLOPE/W, dan PLAXIS

Widya Indriyani Manurung, Indrasurya B. Mochtar, Trihanyndio Rendy Satrya

Abstract


Stabilitas timbunan pada umumnya dapat dihitung dengan menggunakan metode keseimbangan batas berupa program bantu XSTABL, GEO5, GeoStudio-SLOPE/W dan metode elemen hingga berupa program bantu PLAXIS. Output utama dari program bantu tersebut adalah angka keamanan (SF), momen penahan, dan letak bidang longsor. Namun, masalah yang selalu timbul adalah adanya output yang berbeda untuk data input yang sama pada keempat program bantu tersebut. Dalam hal ini, para perencana masih belum mengetahui program bantu mana yang tepat untuk digunakan dalam menganalisis kondisi lapangan untuk perencanaan. Dari hasil penelitian ini, didapatkan dari analisis stabilitas timbunan untuk semua variasi ketinggian yang diletakkan di atas tanah dasar dengan ketebalan tanah lunak yang bervariasi yang belum mengalami pemampatan (tanpa dipasang PVD) yang dilakukan dengan XSTABL, GEO5, dan GeoStudio-SLOPE/W memberikan hasil SF yang sama; tetapi PLAXIS berbeda. Sedang kondisi yang telah mengalami pemampatan (dengan dipasang PVD) yang dilakukan dengan XSTABL, GEO5 adalah sama; tetapi GeoStudio-SLOPE/W dan PLAXIS berbeda.


Keywords


angka keamanan; GEO5; GeoStudio-SLOPE/W; PLAXIS; XSTABL

Full Text:

PDF

References


D. J. G. Herman and G. T. Liong, “Analisa Stabilitas Lereng Limit Equilibrium dan Finite Element Method,” HATTI-PIT-XVI, 2012.

M. Sungkar et al, “Slope stability analysis using Bishop and Finite Element Methods,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Banda Aceh, 2020.

V. R. Desai and M. R. Joshi, “Slope Stability Evaluations by Limit Equilibrium and Finite Element Method,” International Research Journal of Engineering and Technology, vol. VI, no. 09, pp. 756-761, 2019.

M. S. Sulaiman, A. H. Yusoff and N. D. Miniandi, “Slope Stability Evaluations Using Limit Equilibrium and Finite Element Methods,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. XXVIII, no. 18, pp. 27-43, 2019.

R. A. Septiandri, I. B. Mochtar and Y. Lastiasih, Metode Cepat untuk Menentukan Besar Pemampatan Konsolidasi (Sc) Timbunan di Atas Tanah Lunak dan Perencanaan Perkuatannya untuk Kondisi dengan dan Tanpa Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD), Thesis, Surabaya: Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2021.

M. D. Ardana and I. B. Mochtar, Pengaruh Tegangan Overburden Efektif dan Plastisitas Tanah terhadap Kekuatan Geser Undrained Tanah Lempung Berkonsistensi Sangat Lunak Sampai Kaku yang Terkonsolidasi Normal, Thesis, Surabaya: Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 1999.

A. Kosasih and I. B. Mochtar, Pengaruh Kadar Air, Angka Pori, dan Batas Cair Tanah Lempung Terhadap Indeks Pemampatan Konsolidasi Cc dan Indeks Pengembangan Cs, Thesis, Surabaya: Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 1997.

N. E. Mochtar, Modul Ajar Metode Perbaikan Tanah, Surabaya: ITS Press, 2012.

“SNI 8460-2017 Persyaratan Perancanagan Geoteknik,” Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, 2017.

I. B. Mochtar, “Parameter Empiris untuk Tanah Lunak di Lapangan,” Surabaya, 2001.

J. E. Bowles, Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah), Jakarta: Erlangga, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i3.9506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats