Pemecahan Masalah Stabilitas Abutment dan Oprit Jembatan di Atas Tanah Lunak Menggunakan Relieving Platform

Nabilla Zahera, Indrasurya B. Mochtar, Trihanyndio Rendy Satrya

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi pada perencanaan jembatan yang dibangun pada tanah lunak adalah pergerakan yang berlebihan secara horizontal pada abutment. Menyiasati kondisi tersebut, perencana mengganti konstruksi menjadi slab on piles. Hanya saja penambahan konstruksi tersebut akan menambah biaya sehingga kurang efektif dan me­merlukan metode alternatif. Metode alternatif yang efektif adalah menggunakan relieving platform dan tiang-cerucuk yang dipasang di belakang abutment. Oprit jembatan dianalisis pada pada tanah lunak berlapis dengan konsistensi very soft, soft, dan medium. Hasil pe­nelitian pada ketinggian (4m s/d 12m), oprit mengalami kemungkinan kelongsoran (SF ≤ 1). Pada analisis perhitungan, tiang diberi variasi diameter; 30cm, 50cm, dan 60 cm; tipe kelas C; jarak antar tiang 2,5D dan 3D untuk mengetahui sistem yang paling efektif. Hasil pe­nelitian menunjukkan konstruksi yang paling efektif pada ketinggian (4m s/d 12m) adalah pada jarak 2,5D; diameter 30 cm. Walaupun menghasilkan jumlah tiang yang lebih banyak tetapi menghasilkan tambahan biaya yang jauh lebih murah.


Keywords


relieving platform;overall stability; cerucuk; abutment

Full Text:

PDF

References


Bowles, JE, Analisis dan Desain Pondasi Jilid 2 Terjemahan. Jakarta: Erlangga, 1998

Dhamdhere, D.R,"Design and Analysis of Retaining Wall" International Journal of Management, Technology and Engineering, ISSN: 2249-7455.Vol. 8 Issue IX, September. 2018

Hardiyatmo, Hary Christady,Teknik Fondasi 2 Yogyakarta: Beta Offset,2008

Minnan Liu and Liu Fuchen "Calculation Model of the Earth Pressure on Retaining Wall with Relieving Platform" Eletronic Journal of Geotechnical Engineering, vol 23, no 2, p. 477-483, 2018

Mochtar, Noor Endah,Modul Ajar Metofe Perbaikan Tanah. Surabaya: ITS Press,2012

Nakazawa Kazuto and Suyono Sosarodarsono Mochtar,Mekanika Tanah dan Pondasi, Jakarta: Pradnya Paramita, 1981

Naval Facilities,Design Manual: Foundations and Earth Structures (NAFVAC DM-7). Alexandria: US Departement of the Navy, 1971

Sardjono,Pondasi Tiang Pancang Surabaya: Sinar Wijaya, 1988

Sharma, Sunil, "Refrence Manual XSTAVL V5.2" Moscow: Interactive Software Design Inc, 1990

Shehata, Hany F,"Retaining Walls With Relief " Springer International Publishing Switzerland, 2016

Singla, Sarita and Gupta Saksi,"Optimaziation of Reinforced Concrete Retaining Walls of Varying Heights using Relieving Platform" gn and Analysis of Retaining Wall" International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), ISSN: 2278-0181.Vol. 4 Issue VI, Juni. 2016

Vargehese, P.C,Foundatioin Engineering. New Delhi: PHI Learning Private Limited, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i3.9510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats