Analisis Model Transformasi Hujan-Aliran pada DAS Kali Lamong dengan HECHMS

Muhammad Yusri Maulana Ikhsan

Abstract


Hujan dan aliran merupakan sebuah fenomena alam yang berkaitan dimana hujan merupakan salah satu penyebab terjadinya aliran air dipermukaan tanah. Dalam proses terjadinya hujan menjadi aliran terdapat banyak parameter yang berpengaruh seperti tinggi curah hujan, karakteristik tanah dan tutupan lahan. Lokasi yang dipilih adalah DAS Kali Lamong dikarenakan pada DAS Kali Lamong memiliki potensi air yang belum termanfaatkan dan juga waktu musim penghujan sering terjadi banjir. Untuk mengetahui besar pengaruh dari parameter yang berpengaruh maka dibuat model hujan-aliran. Dalam pembuatan model hujan-aliran metode yang digunakan adalah SCS curve number dengan program bantu HEC-HMS. Setelah dilakukan pemodelan hujan-aliran hasil dari simulasi akan dibandingkan dengan debit observasi yang tersedia pada AWLR Boboh untuk mengetahui keandalan dari model yang telah dibuat. Berdasarkan hasil pemodelan data hujan tahun 2011 didapatkan nilai NSE 0.5961 dengan debit maksimum 223.9 m3/s yang terjadi pada tanggal 25 Maret 2011.

Keywords


DAS Kali Lamong, hujan-aliran, SCS Curve number, HEC HMS, NSE

Full Text:

PDF

References


Triatmodjo. Bambang, Hidrologi Terapan, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Beta Offset, 2008.

Harto, Sri., Analisis Hidrologi, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 1993

Tunas, I.G “Pengembangan Model Hidrograf Satuan Sintetik Berdasarkan Karakteristik Fraktal Daerah Aliran Sungai,” Surabaya, 2017.

Salami, A.W., Bilewu, S.O., Ayanshola, A.M., Oritola, S.F., “Evaluation of Synthetic Unit Hydrograph Methods for The Development of Design Storm Hydrographs for Rivers in South-West Nigeria,” Journal of American Science, vol. 5, no. 4, p. 23-32, 2009.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 266/KPTS/M/2010 Tentang Pola Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo

Asdak,C , Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Cetakan keempat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007.

US Army Corps of Engineers," HEC-HMS Hydrologic Modeling System : Technical Reference Manual." Washington DC. 2000.

Wanielista,M., R.Kersten, dan R. Eaglin , Hydrology:Water Quantity and Quality Control,. New York: Jhon Wiley and Sons Inc, 1997.

Cheng, C., Cheng, S., Wen, J., and Lee, J., “Time and Flow Characteristics of Component Hydrographs Related to Rainfall-Streamflow Observations,” Journal of Hydrologic Engineering, vol. 18, no. 6, p. 675-678, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i4.9597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats