Penerapan Teknologi Modular Dalam Konsep Perancangan Arsitektur

Dian Kusumowardani

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia saat ini telah mengubah pola hidup manusia, yang menuntut manusia untuk menggunakan teknologi dalam mewujudkan tuntutan kehidupan manusia yang lebih efisien, terampil dan lebih cerdas. Seiring dengan perkembangan teknologi pada rancang bangun arsitektur bangunan di dunia pada umumnya dan  juga di Indonesia menjadi hal yang sangat menarik  dengan modernisasi dan adanya adaptasi dari teknologi yang bersifat tradisional menuju penerapan teknologi yang modern sesuai tuntutan pemenuhan kebutuhan manusia akan kepraktisan dan efisiensi dalam dunia rancang bangun. Teknologi Modular pada rancang bangun arsitektur yaitu penerapan dimensi atau ukuran dasar berupa modul dasar yang digunakan sebagai dasar-pada perencanaan, sehingga dalam perancangannya modul dasar tersebut dapat berkembang menjadi dimensi modular yang merupakan kelipatan dari modul dasar menjadi jalan keluar akan tuntutan bangunan yang  efisien, terampil dan lebih cerdas tersebut.

Along with the development of technology, the world has that has been enforced on us has changed our lives fundamentally to use technology to be more efficient and smarter in our interaction to live efficient. With the advancement of technologies in common architecture designs in the world as well as in Indonesia. Such advancements are essential with the modernisation and adaptation of technologies derivative from traditional roots through its application in the modern world, accompanying and appetizing the continuous demands of practicality and efficiency within architecture design. The modular technology in architecture design is the application of dimension and basic measurements in the form of a basic module that’s us as a groundwork and core integral part of designing. So that in the process, it could be developed into a dimensional modular that’s double the original module as a solution for the outpouring demand for it.


Keywords


Teknologi; Modular; Perancangan, Arsitektur

Full Text:

PDF

References


Tatum dkk, 1987, Improving Constructibility During Conseptual Planning, Journal & Construction Engineering and Management, Vol 113

Velamati, 2012, Feasibility, benefit and challenges of Modular USA

Matondang Zulkifli,2012, Konstruksi Bangunan Gedung,Unimed Press, Medan

Tambubolon MAW, 2017, Pengembangan E Module konstruksi Bangunan, Jurnal UNJ, Jakarta

Astuti Sri, 2018, Konsep modular dalam perancangan Arsitektur, id.scribd.com

Dwi Saputra Riski, 2019. Konsep modular dalam perancangan Arsitektur, id.scribd.com




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v6i2.11714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi